kesehatan

Waspadai, Peradangan Telinga Tengah Bisa Mengakibatkan Ketulian Permanen

Waspadai, Peradangan Telinga Tengah Bisa Mengakibatkan Ketulian Permanen

Radang telinga tengah umumnya lebih banyak diderita oleh bayi atau anak-anak karena kondisi saluran tuba-nya lebih lurus, dekat dan lebar, serta kekebalan tubuhnya masih belum sempurna.

Untuk itu, ketika terjadi infeksi di saluran pernapasan bagian atas ( ISPA ) seperti influenza atau batuk pilek, kuman/bakteri akan lebih leluasa untuk mencapai rongga tengah melalui saluran eustachius.

Saluran eustachius merupakan saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan rongga di belakang hidung dan tenggorokan bagian atas.

Waspadai, Peradangan Telinga Tengah Bisa Mengakibatkan Ketulian Permanen

Peradangan telinga tengah atau otitis media juga banyak dikenal dengan istilah ‘congek‘. Di mata masyarakat awam, masih terkesan jorok dan menjijikan, itulah mengapa hanya sedikit saja orang yang mau berobat ketika mengalami keluhan ini.

Waspadai, Peradangan Telinga Tengah Bisa Mengakibatkan Ketulian Permanen

Pada tahap ringan, infeksi telinga bisa menyebabkan nyeri dan demam pada penderitanya. Sedangkan jika infeksi sudah masuk pada tahap berat, infeksi ini bukan hanya akan meradang juga bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti meningitis atau ketulian permanen, abses otak, hingga kematian.

Prof. Dr. Zainul A. Djaafar, Sp. THT-KL(K) Spesialis Telinga, Hidung & Tenggorok Rumah Sakit Khusus THT – Bedah KL Proklamas dalam kegiatan edukasi kesehatan SOHO kepada masyarakat. Mengutarakan bahwa banyak masyarakat yang masih menyepelekan penyakit ini dan masih enggan berobat lantaran malu.

“Padahal jika tidak ditangani secara benar dan tuntas, infeksi telinga bisa menyebabkan ketulian permanen akibat infeksi yang terjadi menahun,” Ujar Prof. Zainul , 3 Maret 2015.

Baca : Cara menyembuhkan radang telinga tengah secara alami

Meski dapat diderita oleh orang dewasa, otitis media atau radan telinga tengah atau congekĀ  justru lebih rentan diderita oleh anak-anak.

Berdasarkan data survey dari WHO ( World Health Organization ), diperkirakan 90 persen manusia pernah mengalami setidaknya satu episode radang telinga tengah yang terjadi sebelum usia 2 tahun dan puncak insidens kedua adalah tahun pertama sekolah dasar.

Untuk gejala radang telinga tengah pun dibagi berdasarkan jenisnya, pada otitis media akut ditandai dengan:

  • Rasa nyeri pada telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Gangguan keseimbangan
  • Gelisah
  • Pusing
  • Demam.

Sedangkan pada radang telinga tengah atau otitis media kronik gejala yang timbul adalah telinga berair ( congek ), otalgia ( nyeri telinga ), gangguan pendengaran, serta vertigo.

Otitis media kronis inilah yang dapat menyebabkan hilangnya pendengaran ( tuli ).

Langkah Mudah Mencegah Terjadinya Radang Telinga Tengah ( Otitis Media )

  1. Selalu menjaga kondisi kesehatan dengan olahraga teratur.
  2. Asupan gizi seimbang agar Anda dan anak Anda terhindar dari penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).
  3. Menjaga daya tahan tubuh serta kebersihan diri seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar.
  4. Menjaga kebersihan udara khususnya di rumah dengan ventilasi yang cukup.
  5. Hindari asap rokok.

Khusus bayi, langkah yang dapat Anda lakukan sedikit berbeda yakni : pemberian ASI minimal selama 6 bulan, serta hindari memberikan susu di botol ketika bayi sedang berbaring.

Dan bila perlu, untuk menjaga daya tahan tubuh Anda dan juga anak bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang aman dikonsumsi anak dan dewasa yakni QnC Jelly Gamat ( QJU ) dari 100% ekstrak teripang emas. DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 .

Herbal ini juga dapat dijadikan sebagai pilihan pengobatan radang telinga tengah yang efektif, ampuh, dan tanpa efek samping karena terbuat dari keseluruhan herbal.

Itulah informasi mengenai peradangan telinga tengah yang bisa mengakibatkan ketulian permanen yang tentunya harus Anda waspadai.

Semoga artikel ini bermanfaat dan semakin meningkatkan kewaspadaan Anda bila mengalami gejala-gejala radang telinga tengah pada Anda atau keluarga.

Waspadai, Peradangan Telinga Tengah Bisa Mengakibatkan Ketulian Permanen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *