Tips Menyiasati Efek Negatif Insomnia

      No Comments on Tips Menyiasati Efek Negatif Insomnia

Tips Menyiasati Efek Negatif Insomnia – Langkah pertama untuk menyiasati insmonia adalah dengan mencari tahu alasan kenapa ko Anda bisa terus-menerus mengalami sulit tidur di malam hari. Dengan langkah ini, akan memberikan jawaban atas semua pertanyaan Anda tersebut.

Insomnia atau kondisi dimana seseorang secara terus-menerus mengalami kesulitan atau tidak bisa tidur pada malam hari sesuai dengan waktu yang ideal, meski ada waktu dan kesempatan untuk itu.

Tips Menyiasati Efek Negatif Insomnia

Penyebab dari sulitnya untuk tidur pada malam hari bisa dikarenakan oleh beberapa sebab, misalnya Anda memiliki beban fikiran atau stres akibat kerjaan dan berbagai alasan lain seperti masalah percintaan atau rumah tangga yang kurang harmonis atau memiliki kekhawatiran yang berlebih sehingga tidak bisa beranjak tidur. Bisa juga diakibatkan oleh beberapa kondisi medis seperti asma, depresi, nyeri sendi atau karena konsumsi obat-obatan.

Nah, berikut ini nih ada beberapa cara atau tips menyiasati efek negatif insomnia :

Selalu berfikir positif

Dengan selalu atau terus berusaha untuk berfikir positif bisa membuat Anda lebih mampu menangani masalah yang kadang-kadang menjadi penyebab insomnia. Jika Anda tidak dapat tidur karena memikirkan suatu masalah yang terjadi saat di kantor tadi, cobalah untuk sharing atau menceritakan semua masalah Anda kepada sahabat atau keluarga Anda. Hal ini guna mengurangi kekhawatiran yang menjadi penyebab insomnia.

:: Olahraga di sore hari juga dapat membuat tubuh Anda rileks dan nyaman untuk tidur pada malam harinya.

Relaksasi

Sesuai dengan arti katanya yang berarti rileks dan santai. Bebeerapa aktivitas olah tubuh seperti yoga dan pilates dapat bermanfaat dan memberikan rasa nyaman dan ketenangan yang bisa memudahkan tidur Anda. Aktivitas ini pada dasarnya untuk mengatur pola nafas, bisa dilakukan sendiri dan kapan saja, terutama ketika menjelang tidur. Dengan teknik pernafasan yang baik, akan berperngaruh pada suasana hati, detak jantung dan tentunya mengurangi ketegangan otot.

:: Teknik relaksasi ini sangat cocok bagi Anda yang mengalami insomnia yang diakibatkan oleh kecemasan, stres atau depresi.

Cermat memilih jenis makanan dan minuman

Sebaiknya ketika Anda menjelang tidur atau pada sore harinya hindari mengonsumsi minuman alkohol, kopi, teh dan minuman ringan yang umumnya mengandung kafein. Semua jenis minuman ini berisiko membuat Anda terjaga sepanjang malam. Sebaiknya Anda mengonsumsi minuman hangat seperti susu coklat hangat untuk menenangkan tubuh Anda.

Selain itu, hindari merokok menjelang waktu tidur, hindari juga mengonsumsi makanan dengan karbohidarat kompleks menjelang jam tidur. Jenis makanan ini akan membebani sistem pencernaan sehingga membuat tubuh sulit untuk beristirahat.

Menanggapi perubahan jam biologis

Hal ini biasanya di temui pada mereka yang memiliki jam kerja yang berubah-ubah, keharusan bekerja pada malam hari memiliki risiko insomnia lho. Maka dari itu, atur ulang jadwal kegiatan Anda dan biasakan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama tiap harinya. Hindari tidur siang karena justru berpeluang membuat Anda susah tidur pada malam harinya.

Anggapan bahwa Anda bisa menebus jam tidur malam yang hilang dengan tidur panjang pada akhir pekan merupakan anggapan yang keliru. Hal ini justru akan mengacaukan jam biologis Anda.

Menciptakan kamar tidur yang super nyaman

Memastikan kamar tidur Anda nyaman dan bersih sehingga Anda akan merasa tenang ketika tidur. Atur posisi bantal yang nyaman menurut Anda juga bisa membuat Anda merasa rileks dan tidur akan lebih nyenyak. Jauhkan komputer, gadget atau barang elektronik lainnya. Atur suhu kamar dan mengurangi cahaya didalam kamar juga akan mengondisikan tubuh.

Mengubah gaya hidup

Ini dia nih point utamanya, selain pola tidur, perubahan gaya hidup yang sehat seperti pola makan lebih sehat dan teratur juga dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak pada malam hari.

Selain itu, meluangkan sedikit waktu Anda untuk berolahrga setidaknya 2-3 kali seminggu juga dapat menjadi langkah baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur Anda.

Obat Tidur

Cara lain untuk menyiasati insomnia adalah dengan mengkonsumsi obat tidur. Namun sebaiknya obat tidur tidak digunakan berulang-ulang karena akan menimbulkan efek negatif pada tubuh Anda karena obat tidur terbuat dari-bahan-bahan kimia yang justru akan menimbulkan masalah baru pada tubuh Anda jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Namun lain halnya dengan obat insomnia yang terbuat dari bahan herbal. Anda bisa memilihi obat herbal insomnia sebagai pilihan terbaik yang selain akan membuat Anda mendapatkan tidur nyenyak juga bisa mencegah serta menjaga agar tubuh tetap sehat tanpa harus takut akan efek samping. (Obat Tradisional Insomnia Terkini)

Itulah beberapa cara atau tips menyiasati efek negatif insomnia yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah dengan tidurnya. Salam sehat!!

Posted By : Tips Menyiasati Efek Negatif Insomnia

Berita Terkait :

Dampak Insomnia Berkepanjangan

Insomnia Pada Ibu Hamil Memicu Tekanan Darah Tinggi dan Komplikasi Saat Melahirkan

Ini 6 Kebiasaan Pemicu Insomnia

Kurang Tidur? Waspada Gangguan Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *