Tips dan Langkah Agar Anak Terhindar Difteri

Tips dan langkah agar anak terhindar dari difteri – Penyakit difteri kini mulai mengancam sebagian masyarakat Indonesia, karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular yang menyerang saluran pernapasan bagian atas sehingga mempersempit saluran pernapasan Anda atau buah hati.

Tips dan Langkah Agar Anak Terhindar Difteri

Dikutip dari health.liputan6.com, Di Jawa Timur dalam kurun waktu selama tahun 2011, sebanyak 328 orang dinyatakan meninggal dunia akibat terserang penyakit difteri.

Penyakit difteri biasanya menyerang bagian tubuh serperti tonsil dan faring, tetapi tidak jarang menyerang kulit dan bahkan menyebabkan kerusakan saraf dan jantung.

Sebanyak 10 persen kasus difteri berakibat fatal, yakni dapat menimbulkan kematian. Untuk itu, Ada baiknya Anda dan keluarga waspada agar tidak menjadi korban berikutnya dari penyakit menular yang satu ini, Senin (10/10).

Orang dewasa juga bisa terserang penyakit ini, tetapi umumnya difteri lebih dominan menyerang anak-anak berusia di bawah 15 tahun yang tidak mendapatkan imunisasi serta dapat menurunkan kekebalan tubuh anak yang diakibatkan oleh kuman Corynebacterium diphteriae.

Proses penularan difteri bisa melalui apa saja, baik itu kontak langsung atau secara tidak langsung. Namun kebanyakan, penyakit ini menular akibat percikan ludah yang beterbangan saat penderita berbicara, batuk, atau bersin.

Hal inilah yang membawa kuman-kuman difteri menyerang tubuh. Mulai dari pernafasan, kuman masuk ke dalam tubuh orang di sekitarnya, sehingga terjadi penularan penyakit dari seorang penderita difteri ke orang-orang di sekitarnya.

Selain itu, difteri juga bisa ditularkan melalui benda atau makanan yang telah terkontaminasi.

Umumnya gejala awal penyakit yang inkubasi antara 2-5 hari adalah sakit tenggorokan ringan dan demam (antara 37,838,9 °C).

Pada anak-anak, gejala biasanya disertai dengan rasa mual, muntah, sakit kepala, dan menggigil. Selain itu juga terdapat lapisan tipis yang khas, biasanya di daerah tonsil berwarna putih keabuan kotor, kasar dan melekat erat, sehingga bila diambil paksa bisa menimbulkan pendarahan.

Baca : Waspada, komplikasi serius akibat penyakit difteri

Tips dan Langkah Agar Anak Terhindar Difteri

Sebagai langkah antisipasi, ada beberapa upaya pencergan dari bahaya penyakit mematikan ini yang bisa Anda lakukan, di antaranya yakni:

  1. Memberikan kekebalan pada bayi/anak dengan cara imunisasi DPT/HB untuk bayi
  2. Imunisasi DT untuk usia sekolah
  3. Imunisasi vaksin Td untuk usia dewasa
  4. Hindari kontak langsung dengan penderita difteri.

Disamping itu, Anda juga harus selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan diri, lingkungan dan jaga stamina tubuh. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan teratur sebagai awal yang baik agar terhindar dari bahaya penyakit difteri.

Dan bila Anda merasakan keluhan sakit di tenggorokan, sakit saat menelan, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke unit layanan terdekat.

Dan bila perlu berikan suplemen herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak , dan juga mengurangi rasa sakit akibat gejala difteri. Rekomendasi herbalnya ⇒ QnC Jelly Gamat Dari 100% Teripang emas

Demikian informasi mengenai tips dan langkah agar anak terhindari difteri yang dapat admin bagikan, semoga dengan mengetahui beberapa langkah pencegahannya Anda dapat semakin mewaspadai akan datangnya penyakit menular dan berbahaya ini.

Terimakasih sudah menyimak, semoga selalu diberikan kesehatan . Amin

Tips dan Langkah Agar Anak Terhindar Difteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *