Tanda-Tanda Kurang Darah Yang Perlu Di Waspadai

apotek45.com – Sering merasakan lemah, letih, lesu dan lunglai saat beraktivitas? Anemia itu! Anemia ( kurang darah ) merupakan sebuah kondisi di mana tubuh tidak memiliki sel darah merah ( hemoglobin ) yang cukup untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tanda-Tanda Kurang Darah Yang Perlu Di WaspadaiKehilangan darah ( akibat luka, dsb ), kekurangan zat besi dan kekurangan vitamin B-12 merupakan beberapa penyebab anemia yang paling umum.

Tahukah Anda?

menurut beberapa sumber ada beberapa tanda seseorang mengalami anemia yang juga sering dikaitkan dengan beberapa penyakit serius seperti penyakit kuning, HIV/AIDS dan kanker. Berikut ini tanda atau gejala penyakit kurang darah seperti dikutip dari Boldsky yang perlu Anda waspadai :

Tanda-Tanda Penyakit Anemia atau Kurang Darah

  • Merasa cepat lelah
  • Mengalami Palpitasi
  • Merasakan sakit kepala
  • Pucat pada bagian dalam kelopak mata
  • Ujung jari berwarna pucat dan putih ketika diekan
  • Sesak nafas
  • Mual, pucat dan rambut rontok
  • Kekebalan tubuh menurun

Gejala anemia pada umumnya ditandai dengan munculnya beberapa gejala yang telah di sebutkan di paling atas, seperti rasa malas, mudah lelah, berkunang-kunang, lesu dan pucat. Namun, meskipun gejala tersebut tidak muncul bukan tidak mungkin Anda mengalami anemia.

Untuk memastikan terkena atau tidaknya, diperlukan pemeriksaan kadar HB.

Menangani dan Mencegah Kurang Darah ( Anemia )

Anemia bisa dicegah dengan banyak cara yang alami, tergantung dari penyebabnya. Cara yang efektif untuk mengatasi anemia ringan khusunya bisa dengan meningkatkan asupan zat besi, vitamin C dan B12, dan asam folat.

Baca : 7 Buah Yang Baik Untuk Membantu Mengatasi Kurang Darah

Selain itu, cara untuk mencegah dan mengatasi anemia juga bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi multivitamin atau suplemen.

Jika anemia sudah bersifat parah, segera kunjungi pusat kesehatan untuk mendiagnosa lebih lanjut, karena bisa jadi kondisi anemia tersebut merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius.

Posted by : http://apotek45.com/

Tanda-Tanda Kurang Darah Yang Perlu Di Waspadai

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *