kesehatan

Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1

8 Tanaman obat herbal untuk mengatasi diabetes tipe 1 hingga tuntas

Tanaman obat herbal untuk mengatasi diabetes tipe 1 – Pada umumnya, penyakit diabetes tipe 1, 2 atau berapapun tidak dapat disembuhkan.

Pengobatan yang ada hanya bertujuan untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dan mengendalikan gejala guna mencegah komplikasi terjadi.

Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1

Orang dengan diabetes tipe 1, tubuhnya tidak mampu memproduksi insulin ( hormon yang diproduksi oleh sel beta dalam pankreas ) yang cukup, sehingga Anda yang menderitanya harus menerima suplai insulin setiap hari, baik melalui suntikan atau pompa insulin.

Disamping melakukan pengobatan diabetes secara medis dengan menyuntikkan insulin, Anda juga dapat melakukan alternatif lain untuk membantu meringankan diabetes melitus dengan cepat.

Beberapa di antaranya adalah dengan mengkonsumsi tanaman obat herbal secara rutin dan teratur.

Selain itu, membiasakan pola hidup sehat dan olahraga juga penting dilakukan guna mendapatkan kesembuhan dari penyakit diabetes.

Nah, berbicara mengenai tanaman obat herbal sebetulnya ada banyak obat-obatan herbal yang dapat dikonsumsi untuk meringankan penyakit diabetes. Beberapa di antara tanaman herbal untuk membantu perawatan pasien diabetes di antaranya meliputi :

Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1

√ Tapak dara

Jenis tanaman hias yang satu ini ternyata bukan hanya bisa dinikmatik keindahannya saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat untuk diabetes yang ampuh dalam menurunkan kadar gula dalam darah.

Bahkan telah banyak penelitian yang menguji akan khasiat dari tanaman ini.

Salah satunya dari Universitas Western dan Ontaria, ditemukan bahwa hampir setiap bagian tapak dara bisa dimanfaatkan sebagai obat. Ini karena tapak dara mengandung alkaloid yang bersifat sebagai antikanker yang juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Cara mengolahnya :

  • Siapkan 10-16 lembar daun tapak dara yang sudah dicuci bersih
  • Lalu rebus dengan takaran air sebanyak 3 gelas
  • Tunggu sampai mendidih dan tersisa hingga menjadi 1 gelas
  • Saring air rebusan daun tapak dara
  • Diamkan hingga dingin
  • Minum secara rutin minimal dua kali dalam sehari, setiap pagi dan sore hari

√ Kunyit

Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1Ya, selain baik untuk kesehatan kunyit bisa dimanfaatkan sebagai oabt untuk membantu menstabilkan kadar insulin penderita diabetes.

Karena apa? Kunyit memiliki kandungan glikemik yang mana dapat membantu mempertahankan fungsi pankreas yang seharusnya untuk memproduksi insulin tubuh.

Dengan mengonsumsi kunyit secara rutin dan teratur, dapat membantu Anda menurunkan kadar glukosa dalam tubuh.

Bahkan tak hanya itu, kunyit juga dapat mencegah dan mengatasi terjadinya infeksi. Seperti yang kita ketahui bahwa penderita diabetes tidak mudah menyembuhkan luka luar di kulit mereka, dengan mengonsumsi kunyit makan kondisi ini akan lebih mudah diatas, karena kunyit juga mengandung antivirus, antibakteri, dan antibiotik.

Baca juga : Manfaat kunyit putih untuk obat kista coklat

√ Mahkota dewa

Tak heran, jika mahkota dewa di gadang-gadang berkhasiat sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

Karen apa? Mahkota dewa diketahui memiliki berbagai kandungan seperti alkaloid, saponin, flavonoid dan polifenol yang mampu melancarkan pembuluh darah yang tersumbat, sebagai anti alergi, dan sebagai zat yang mampu menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes.

Cara mengolah :

  • Siapkan 5-6 buah mahkota dewa yang sudah dicuci bersih
  • Iris tipis-tipis dan rebus dengan takaran 3 gelas air hingga mendidih
  • Saring sari buah, kemudian tunggu sampai dingin
  • Minum sebanyak tiga kali sehari, satu jam sebelum makan pagi, siang dan malam hari.

√ Kayu manis

Tanaman dengan aroma manis dan rasa pedas ini ternyata tak hanya digunakan sebagai pelengkap masakan atau kue saja. Kayu manis juga bisa dimanfaatkan khasiatnya untuk mengatasi berbagai jenis komplikasi akibat diabetes.

Bahkan dengan mengonsumsi ramuan dari kayu manis secara rutin dapat menurunkan gula darah tubuh hingga 18-29%.

Cara mengolahnya :
Siapkan 4 batang kayu manis lalu rendam atau rebus dengan air mendidih, konsumsi satu gelas satu hari.

√ Lidah buaya

Lidah buaya memang terkenal khasiatnya dalam mempercantik kulit dan rambut. Namun tahukah Anda? bahwa lidah buaya pun memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Menurut kompas.com, lidah buaya memiliki antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup memotong 2 lidah buaya lalu rebus bersama 3 gelas air dan saring.

Minum sebanyak 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas.

√ Acai berry

Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1Acai berry juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan kada gula pada penderita diabetes.

Acai berry mengandung asam lemak omega-3 dan 6 yang dapat membantu melawan kerusakan sel akibat diabetes. Tak hanya itu, buah ini juga dapat mengatur kadar insulin dalam darah, serta memperkuat sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mengonsumsi buah ini langsung atau dengan cara di jus atau olahan lainnya.

√ Daun kemangi

Tanaman dengan nama lain Ocimum sanctum ini memiliki beberapa khasiat, salah satu yang menjadi rahasia umum adalah dapat menghilangkan bau badan.

Namun tak banyak yang tahu, bahwa daun kemangi juga bisa diandalkan sebagai obat untuk penderita diabetes. Seperti mampu mencegah komplikasi, menurunkan gula arah, dan meningkatkan sekresi insulin.

Cara memanfaatkannya sebagai obat diabetes, cukup dengan memakannya sebagai lalapan. Tidak perlu direbus atau direndam dengan air panas ya.

√ Pare

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pare memiliki manfaat untuk penderita diabetes.

Memang, pare memiliki rasa yang pahit. Namun dibalik itu semua terkandung senyawa penting untuk menurunkan gula darah, yakni berupa Charantin yang merupakan senyawa steroid yang diketahui menjadi salah satu obat hipoglikemik oral,

Polipepida P yang diketahui mirip dengan insulin yang mampu memproduksi insulin pada gula darah penderita diabetes, dan Asam olenolic glikosida yang dapat meningkatkan toleransi glukosa.

Cara mengolahnya :

Untuk mendapatkan manfaat dari pare, Anda bisa menumis pare atau mencampurkan pare ke dalam tumisan masakan. Atau bisa juga diolah menjadi minuman ( berupa jus ), dengan dosis satu buah yang berukuran kecil atau sekitar 2 ons untuk dibuat jus.

Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1

Konsumsilah tiga kali dalam sehari.

Demikianlah informasi singkat mengenai berbagai jenis tanaman obat alami untuk menangani diabetes tipe 1. Semoga bermanfaat dan membantu memulihkan kondisi kesehatan Anda.

Namun ingat, sebelum membuat olahan dari tanaman herbal tersebut di rumah baiknya konsultasikan dulu pada dokter Anda agar dokter yang menangani Anda mengetahui apa saja makanan yang dikonsumsi.

Atau jika tidak ingin ribet mengolahnya sendiri bisa memanfaatkan obat diabetes herbal QnC Jelly Gamat ( QJU ) yang bahan, khasiat dan proses pengolahannya sudah terjamin dan sesuai dosis yang dibutuhkan tubuh.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak artikelnya sampai habis, sampai jumpa di artikel kami berikutnya…

Posted by : Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Diabetes Tipe 1 on APOTEK 45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *