Tak Ingin Mengidap Insomnia? Stop 7 Jenis Makanan Ini!

Tak Ingin Mengidap Insomnia? Stop 7 Jenis Makanan Ini – Selain di sebabkan oleh faktor psikologis seperti stres/depresi, ternyata susah tidur pada malam hari atau insomnia ini dapat disebabkan oleh faktor makanan dan minuman yang Anda konsumsi sebelumnya. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda mengetahui apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari jika Anda tidak ingin insomnia menyerang.

Tak Ingin Insomnia Menyerang? Stop 7 Jenis Makanan Ini

Ini 7 jenis makanan dan minuman yang harus di hindari ketika Anda ingin beranjak tidur untuk mencegah masalah sulit tidur karena beberapa jenis makanan ini bisa menyebabkan insomnia.

  1. Makanan dengan kandungan gula sederhana yang banyak (gula pasir dan gula merah, ice cream). Jenis makanan ini diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga energi semakin meningkat. Akibatnya, Anda akan menjadi sulit untuk tidur.
  2. Daging atau makanan berprotein tinggi. Jenis makanan ini juga ternyata dapat mengganggu aktivitas tidur Anda. Karena protein akan menghambat proses sintesis serotonin sehingga Anda akan terjaga lebih lama.
  3. Tembakau atau rokok. Mungkin sekilas merokok memang bisa membuat Anda lebih rileks, namun sebenarnya nikotin dalam rokok merupakan neurostimulant yang menyebabkan Anda susah untuk tidur.
  4. Minuman berkafein seperti kopi, soda, dan teh juga bersifat stimulan.
  5. Sayuran seperti terong, tomat, kentang dan bayam juga sebaiknya dihindari ketika menjelang tidur, karena jenis sayuran ini mengandung tyramine yang dapat meningkatkan terbentuknya norepinephrine, stimulan otak.
  6. Hindari juga makanan pedas dan berlemak tinggi. Makanan pedas bisa menyebabkan perut panas sehingga badan tetap terjaga sepanjang malam. Makan dengan kandungan lemak tinggipun juga harus dihindari karena lemak yang tinggi dapat mengakibatkan pencernaan Anda bekerja ekstra sebelum tidur.
  7. Hindari minuman beralkohol. Minuman ini dapat merusak syaraf dan hati pada tubuh Anda, alkohol memang bisa membuat Anda tertidur, namun kualitas tidur Anda akan sangat jelek karena Anda akan sering terbangun meskipun telah memejamkan mata. Hal ini tetap akan membuat Anda merasakan kantuk di pagi hari saat terbangun, dan membuat kepala Anda terasa pusing.

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membuat Anda susah untuk tidur pada malam hari. Saat mulai susah tidur, sebaiknya Anda mencoba untuk mengkonsumsi minuman herbal seperti air jahe atau air jeruk hangan yang akan membuat jaringan saraf Anda nyaman. Minum susu panas juga akan membuat Anda tenang karena mengandung tryptophan yakni asam amino yang membuat tubuh terasa rileks.

Posted by : Tak Ingin Mengidap Insomnia? Stop 7 Jenis Makanan Ini

Berita terkait :

Manfaat Tidur Siang Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Obat Tradisional Insomnia Terkini

Tips Menyiasati Efek Negatif Insomnia

Insomnia Pada Ibu Hamil Memicu Tekanan Darah Tinggi dan Komplikasi Saat Melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *