Sakit Kepala Sebelah Kiri? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Kepala Sebelah Kiri? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya – Sakit kepala sebelah kiri atau migrain sebelah kiri bisa terjadi karena beberapa hal. Anda patut mewaspadai ini meskipun kadang memang tidak berbahaya, karena bisa saja terdapat suatu penyakit serius dan membutuhkan penanganan khusus dalam mengatasinya.

Sakit Kepala Sebelah Kiri? Ini Penyebab dan Cara MengatasinyaKetika Anda menderita sakit kepala sebelah kiri biasanya akan lebih sensitif terhadap suara, cahaya ataupun bau-bauan. Sakit kepala kiri juga bisa sangat mengganggua aktivitas Anda karena nyeri yang tak tertahankan sehingga sulit untuk melakukan aktivitas.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Beberapa hal ini diketahui menjadi faktor penyebab timbulnya sakit kepala atau migrain sebelah kiri, yakni :

  • Adanya gangguan aktivitas otak. Aktivitas otah terganggu tentunya akan mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah otak. Kondisi ini bisa jadi di picu oleh hormon, makanan, cahaya, alkohol, stres, bau-bauan atau suara.
  • Sinusitis. Kondisi ini kerap kali disalahartikan menjadi migrain, Anda mengalami sinusitis jika lapisan sinus di kepala mengalami peradangan, alergi atai infeksi.
  • Sakit kepala tegang. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh stres, kurang tidur, telat makan, otot tgang, dan postur tubuh yang tidak baik. Penderita mengalami gejala nyeri tumpul dan tekanan pada satu sisi kepala yang diiringi sakit pada leher dan bahu.
  • Sakit kepala klaster. Sakit kepala ini bisa dipicu karena silaunya cahaya, kebiasaan merokok, konsumsi narkoba, cuaca panas dan berada di tempat tinggi. Selain sakit kepala kiri, Anda juga bisa mengalami hidung tersumbat atau berair (meler), sakit pada mata dan pembengkakan pada sebagian wajah.
  • Tumor otak. Ini yang paling berbahaya, sakit kepala kiri juha bisa menandakan bahwa Anda menderita tumor. Rasa sakit bisa menyerang ketika tumor di dalam tengkorak kepala telah mencapai ukuran tertentu. Karena struktur tengkorak padat dan urang untuk perkembangannya sempit, jadi jika tumor membesar akan memaksa mengisi area sempit tersebut dan akibatnya akan menekan area lain sehingga timbullah rasa sakit kepala sebalah.
  • Stroke. Sakit kepala sebelah kiri juga bisa menandakan bahwa Anda terserang penyakit stroke. Ini karena aliran darah ke area otak tertutup oleh gumpalan darah. Hasilnya, sebagian otak akan kekurangan oksigen dan nutrisi. Tidak hanya sakit kepala, Anda juga bisa mengalami mati rasa, tubuh lemah, sulit bicara dan kehilangan koordinasi tubuh.
  • Faktor lain seperti stres/depresi, jenis makanan yang dikonsumsi, lemak, dan juga faktor genetik.

Cara Mengatasi sakit kepala sebelah kiri atau migrain sebelah kiri

Bila Anda mengalami kondisi ini, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendiagnosis penyakit Anda.  Adapun cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit kepalan sebelah kiri/migrain yakni:

  1. Kompres kepala dengan menggunakan air dingin atau air es. Ini guna menyempitkan pembuluh darah.
  2. Beristirahat. Penderita sakit kepala sangat peka terhadap cahaya. Maka dari itu, istirahatlah di ruangan yang gelap dan jauh dari keramaian. Usahakan untuk tidur ya meski hanya sebentar.
  3. Cobalah menghangatkan bagian leher dan memijatnya. Dengan melakukan hal ini, tulang leher dapat istirahat, karena jika leher mengalami kelelahan dapat menimbulkan migrain.
  4. Dan jika cara di atas tadi belum mempan juga, Anda bisa mengonsumsi obat pereda migrain. Namun kami sarankan dengan obat pereda yang berbahan dasar herbal, sehingga tidak menimbulkan efek samping lainnya pada tubuh Anda.

Lantas apa nama obat pereda migrain yang terbuat dari bahan-bahan herbal dan tidak akan menimbulkan efek samping?
Jawabannya : Ace Maxs Obat Tradisional Migrain Pilihan. Cek di sini!

Posted by : Sakit Kepala Sebelah Kiri? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berita terkait :

Apa Penyebab Migrain Sebelah Kanan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*