Pola Makan Sehat Untuk Penderita Lupus

      No Comments on Pola Makan Sehat Untuk Penderita Lupus

Pola Makan Sehat Untuk Penderita Lupus – Selain memperhatikan pengobatannya, Anda juga perlu memperhatikan asupan apa yang tepat untuk membantu proses penyembuhan penyakit lupus.

Seseorang yang menderita lupus dianjurkan untuk melakukan diet agar lupus tidak menjadi aktif. Diet yang dilakukan juga sedikit berbeda dengan diet yang dilakukan untuk menurunkan badan.

Pola Makan Sehat Untuk Penderita Lupus

Berikut ini beberapa makanan yang harus di hindari dan dianjurkan bagi penderita lupus, seperti dikutip dari republika.co.id , di antaranya meliputi:

» Hindari konsumsi garam. Studi menunjukkan bahwa garam dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi garam hanya akan memperburuk kondisi, karena lupus saja sudah menempatkan penderitanya pada risiko penyakit tersebut.

Garam sebaiknya diganti dengan rempah-rempah seperti lemon, bawang putih dan lada.

» Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran hijau, ikan atau hati sapi yang mengandung zat besi.

Menurut dr.Alvina Widhani, SpPD makanan yang mengandung zat besi sangat berguna bagi penderita lupus yang mengalami anemia. Hal ini karena penderita lupus akan seringkali mengalami kurang darah (anemia) yang merupakan salah satu gejala lupus menjadi aktif.

Dengan mengkonsumsi makanan berzat besi diharapkan Anda tidak merasakan efek kurang darah yang cukup besar. “Yang penting itu makan makanan alami ya jangan yang buatan,” imbau dokter Alvina kepada Republika.

Pola Makan Sehat Untuk Penderita Lupus

» Makanan yang sebaiknya banyak dikonsumsi oleh Anda penderita lupus adalah ikan. Ikan merupakan sumber makanan yang kaya akan omega-3 yang mengandung zat anti-inflamasi alami yang sangat bermanfaat bagi pasien lupus guna mengurangi pembengkakan atau peradangan yang diakibatkan lupus.

Meski begitu, Anda harus memperhatikan takaran tepat untuk dikonsumsi perharinya. Konsultasikan dengan dokter profesional agar porsinya seimbang dan tidak berlebihan. Apalagi khusus Anda yang memutuskan berpuasa pada bulan ramadhan nanti, asupan makan dan minuman perlu dijaga.

Baca : Wajib tahu, ciri ciri penyakit lupus berat dan ringan

Riset menemukan bahwa radikal bebas yang terlalu tinggi dalam tubuh turut andil dalam membuat sistem imun menjadi liar dan tidak terkendali.

Demikian informasi mengenai pola makan sehat untuk penderita penyakit lupus, semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda penderita lupus untuk mendapatkan asupan makanan yang tepat. Semoga lekas sembuh ..

Pola Makan Sehat Untuk Penderita Lupus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *