Kenapa Perut Sering Kembung dan Disertai Mual Muntah?

apotek45.com – Sering merasakan perut kembung yang disertai mual atau bahkan muntah? Sebaiknya jangan dibiarkan bila Anda mengalami gejala tersebut, karena selain membuat perut tidak nyaman perut kembung juga akan sangat mengganggu karena akan membuat perut terasa begah atau besar dan pengap.

Dapat dipastikan bahwa gejala perut kembung disertai mual dan muntah merupakan 3 diantara banyaknya gejala penyakit yang berhubungan dengan lambung, diantaranya seperti penyakit gastritis, maag, gastroenteritis, juga terjadinya sumbatan di usus.

Perut Sering Kembung Disertai Mual MuntahSelain karena penyakit tersebut, gejala ini juga bisa timbul karena kebiasaan makan yang terlalu cepat, bicara sambil makan, makan-makanan yang terlalu banyak mengandung gas, seperti brokoli, asparagus, selada paprika, makanan yang digoreng dan berlemak, gula atau pemanis buatan, dan efek samping obat-obatan tertentu.

Untuk memastikan, maka Anda harus mengetahui terlebih dulu apa yang menjadi penyebabnya. Jika ternyata perut kembung terjadi karena mengkonsumsi makanan berlebihan atau makanan bergas seperti yang disebutkan tadi, maka untuk sementara hindari makanan-makanan tersebut. Gunakan obat untuk mengatasi perut kembung seperti obat yang mengandung simetikon yang bermanfaat untuk melarutkan gelembung gas.

Baca : Ciri-Ciri Asam Lambung Tinggi (GERD) dan Pengobatan Terbaiknya

Namun, jika perut kembung terus-menerus atau bertambah parah, atau bila disertai dengan muntah, diare, sembelit, penurunan berat badan, sendawa, perut mulas berlebihan dan adanya darah dalam tinja, sebaiknya segera periksakan ke pusat kesehatan karena itu menandakan gejala dari kondisi yang serius.

Berikut ini ada beberapa anjuran yang dapat Anda lakukan bila tidak ingin terjadi perut kembung :

  • Batasi makan-makanan yang digoreng dan berminyak
  • Hindari makan terlalu cepat atau makan sambil berbicara
  • Makan dengan porsi kecil tapi sering (5-6 kali)
  • Kelola stres dengan baik, dan
  • Istirahat dan tidur cukup dan berberkualitas.

Sumber : alodokter.com – mediskus.com

Itulah informasi mengenai perut kembung yang disertai mual dan muntah yang dapat admin bagikan, semoga artikelnya bermanfaat dan menjawab keingin tahuan Anda terhadap gejala dari penyakit apakah perut kembung itu.

Gastric Health Tablet Green World

Gastric Health Tablet - Ahlinya Penyakit Lambung( Suplemen Khusus Atasi Masalah Lambung )

Posted by : http://apotek45.com/

Kenapa Perut Sering Kembung dan Disertai Mual Muntah?

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *