Perkuat Sistem Imun Agar Terhindar Dari Demam Berdarah

Perkuat sistem imun agar terhindar dari demam berdarah dengan jambu biji – Gangguan penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang kini tengah mewabah di kalangan masyarakat.

Terlebih saat ini cuaca sudah memasuki musim hujan, banyak genangan air di mana-mana yang dapat memicu munculnya jentik nyamuk penyebab penyakit DBD.

Perkuat Sistem Imun Agar Terhindar Dari Demam Berdarah

Penyakit DBD atau demam berdarah dengue bisa berujung kematian bila tidak dilakukan pengobatan dengan cepat. Untuk itu, melakukan pencegahan dengan cara memperkuat sistem imun menjadi salah satu langkah tepat untuk meminimalkan Anda dan keluarga terkena penyakit demam berdarah.

Cara meningkatkan dan memperkuat sistem imun dengan mencukupi kebutuhan vitamin C

Dikutip dari alodokter.com, Tercukupinya asupan vitamin C dapat memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang, terutama anak-anak. Terlebih, pertumbuhan anak akan dipengaruhi oleh asupan vitamin C nya, misalnya untuk:

  • Membantu pembentukan dan perbaikan sel darah merah, termasuk pembentukan jaringan dan tulang.
  • Menyehatkan gusi.
  • Memperkuat pembuluh darah anak dan meminimalkan terjadinya memar akibat terbentur atau tergores.
  • Lebih cepat menyembuhkan luka. Mendukung proses penyerapan zat besi dari sumber makanan.

Lantas, apa saja makanan yang mengandung banyak vitamin C selain jeruk?

Sebenarnya ada banyak makanan sehat yang mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan, di antaranya yakni kubis, paprika hijau, brokoli, ubi jalar, lobak, pepaya, leci, jambu, dan lainnya.

Namun dari sekian banyak sumber makanan tersebut yang paling tinggi kandungan vitamin C nya adalah jambu biji merah.

Baca : Manfaat jambu biji merah untuk atasi demam berdarah

Guava atau jambu biji merupakan salah satu buah yang bisa Anda pilih sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C agar imunitas lebih kuat dan tidak mudah terjangkit penyakit.

Kandungan vitamin C pada buah jambu mencapai empat kali lebih banyak dibanding jeruk.

Menurut sebuah artikel kesehatan guava atau jambu biji memiliki dua fungsi dalam tubuh, yakni sebagai ko-faktor dan ko-enzim.

Vitamin C sangat erat kaitannya dengan pembentukan kolagen dalam tubuh, pembentukan sintesis karnitin yang berfungsi untuk mengangkut asam lemak rantai panjang, peningkatan serapan dan metabolisme zat besi atau absorpsi kalsium, serta penguatan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Dalam hal ini salah satunya seperti dapat mengatasi infeksi virus dengue penyebab sakit DBD.

Sebuah penelitian menunjukkan saat jus jambu diberikan pada penderita demam berdarah dengan dosis 500 cc jus jambu biji dan sekali dalam 24 jam, menunjukkan penderita demam berdarah mengalami demam selama 2-3 hari dibanding yang biasanya mengalami demam selama 4-6 hari.

Dengan mengonsumsi jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue, mempercepat peningkatan trombosit darah, serta meningkatkan daya tahan tubuh Anda, sehingga lebih cepat sembuh.

Itulah sedikit informasi mengenai bagaimana cara memperkuat sistem imun tubuh agar terhindar dari ancaman kematian akibat demam berdarah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kegelisahan Anda menghadapi demam berdarah yang sedang diderita. Salam sehat.

Perkuat Sistem Imun Agar Terhindar Dari Demam Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *