Penyebab Terjadinya Luka Pada Dinding Perut

      No Comments on Penyebab Terjadinya Luka Pada Dinding Perut

apotek45.com – Tukak atau luka pada dinding perut tentu tidakĀ  terjadi begitu saja, pasti ada sebab musababnya. Baik itu terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara peningkatan kadar asam lambung atau penipisan selaput pelindung perut yang berisiko menyebabkan borok atau luka pada dinding perut/lambung.

Penyebab Terjadinya Luka Pada Dinding PerutKebanyakan memang banyak yang menyangka masalah pada saluran cerna/perut disebabkan oleh makanan terlalu pedas, terlalu asam, telat makan atau faktor lainnya yang menyebabkan kadar asam lambung tinggi.

Namun perlu Anda ketahui, selain karena asam lambung yang tinggi, borok atau luka pada perut juga bisa disebabkan oleh infeksi kuman helicobacter pylori.

Baca : Helicobacter pylori bakteri penyebab luka lambung

Diperkirakan sekitar setengah penduduk dunia mengalami infeksi ini, namun sebagian besar tidak menyadarinya karena tidak terdapat gejala penyakit.

Penyebaran penyakit akibat infeksi ini bisa terjadi melalui kontak langsung air liur, muntah, atau dari kotoran. kuman ini dapat menular melalui makanan yang terkontaminasi.

Pada awalnya kuman ini memang tidak akan menimbulkan gejala, namun lama kelamaan dapat terjadi kerusakan serius yang menimbulkan borok semakin parah di dinding perut, lambung atau usus yang terserang bakteri.

Baca : Gejala atau tanda luka pada dinding perut dan pengobatannya

Akibat infeksi luka pada dinding perut/lambung dapat terjadi berbagai komplikasi, di antaranya meliputi:

  • Tukak/koreng pada perut atau lambung yang dikenal dengan ulkus. Kondisi ini terjadi karena lapisan pelindung pada lambung dirusak oleh kuman H.pylori.
  • Radang pada dinding lambung, sehingga dikenal dengan penyakit gastritis. Kondisi ini biasanya merupakan tahap awal sebelum terjadinya tukak/borok.
  • Kanker lambung. Infeksi h.pylori merupakan faktor risiko kuat terjadinya kanker pada lambung/perut.

Untuk itu, sudah seharusnya Anda menjaga kesehatan tubuh Anda dengan memberikan asupan makanan yang sehat/higienis dan bergizi guna mencegah penyakit pada perut terjadi. Yuk, ubah pola hidup dan makan menjadi lebih sehat!

Baca juga : Cara praktis mengobati luka pada dinding perut dengan cepat

Posted by : http://apotek45.com/

Penyebab Terjadinya Luka Pada Dinding Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *