Apa Penyebab Sering Sendawa Berlebihan dan Cara Mengatasinya

apotek45.com – Sendawa sehabis makan merupakan hal yang masih di anggap biasa. Namun lain halnya jika terus-menerus bersendawa karena bisa jadi ini merupakan gejala dari suatu penyakit seperti GERD, fruktosa malabsorpsi, gastritis, tukak lambung, asam lambung dan penyakit celiac.

Apa Penyebab Sering Sendawa Berlebihan dan Cara MengatasinyaSendawa ialah proses di mana keluarnya suatu kandungan gas yang ada di dalam tubuh melalui bagian faring atau kerongkongan, yang kemudian keluar melalui mulut.

Sendawa juga sama halnya seperti kentut, hanya saja tidak mengeluarkan bau seperti gas kentut dan juga biasanya terjadi tidak sebanyak kentut.

Baca : Obat Tradisional Maag Dari Tumbuhan Paling Ampuh

Bersendawa normalnya berada pada frekuensi kurang lebih 4 kali proses perharinya. Hal ini merupakan respons tubuh yang dianggap normal dan sering terjadi. Namun, ada beberapa kondisi di mana tubuh mengeluarkan respons bersendawa lebih dari 4 kali dalam sehari, ataupun bersendawa dengan frekuensi yang tidak normal.

Penyebab sering bersendawa berlebihan atau terus menerus

Berikut ini beberapa hal atau penyebab bersendawa yang sering dan cenderung berlebihan:

  • Konsumsi minuman berkarbonasi atau bersoda
  • Makan terlalu cepat
  • Mengkonsumsi makanan tertentu , terutama yang mengandung gas tinggi. Diantaranya seperti : makanan berlemak, permen karet, kafein, makanan yang digoreng, kacang-kacangan, biji-bijian, dll.
  • Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan sendawa atau gangguan yang menyebabkan sendawa seperti aspirin, ibuprofen, pereda nyeri (naproxen), obat pencahar, dll.
  • Asam lambung naik
  • Masuk angin
  • Adanya beberapa gangguan atau masalah pencernaan.
  • Adanya luka atau iritasi pada organ pencernaan.
  • Adanya gangguan pada kantong empedu,
  • Infeksi dari bakteri atau kuman jenis Helicobacter pylori.
  • Kanker kerongkongan, perut atau lambung.

Baca : Obat Tradisional Kanker Lambung

Cara Mencegah dan Mengobati Sendawa Berlebihan

Untuk mencegah sendawa, terutama yang diakibatkan oleh gangguan-gangguan ringan, bisa Anda coba dengan mengkonsumsi minuman yang bersifat hangat ataupun yang terbuat dari bahan herbal alami yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh, seperti :

Dan bila sendawa tak kunjung berhenti juga, segera periksakan ke pusat kesehatan terdekat dan bila perlu barengi juga dengan mengkonsumsi obat herbal seperti Gastric Health Tablet untuk meminimalisir efek samping dari obat kimia sekaligus mengobati langsung ke pusat penyakitnya.

Baca juga :

Triflex Capsule (Ahlinya Obat Sendi dan Tulang)

Sleep Care Capsule

Obat Herbal Multikhasiat Ace Maxs

Kenali Tanda-Tanda Sakit Maag Ringan, Kronis, Akut

Posted by : http://apotek45.com/

Penyebab Sering Sendawa Berlebihan dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *