Masih Muda Tapi Pelupa? Cari Tahu Yuk Apa Penyebab Pikun Di Usia Muda!

Masih Muda Tapi Pelupa? Cari Tahu Yuk Apa Penyebab Pikun Di Usia Muda!

Apotek45.com – Anda termasuk orang yang pelupa meskipun usia Anda masih terbilang muda?

Ya, lupa memang merupakan penyakit semua orang yang susah sekali untuk dihilangkan. Namun jika kelupaannya sampai sedemikian parahnya disebut pikun. Ini bisa terjadi karena mungkin Anda memiliki masalah yang mengganjal di fikiran Anda, sehingga membuat Anda tidak berkosentrasi dan banyak informasi tidak tersimpan dengan baik di otak.

Lalu apa penyebab seseorang gampang lupa?

Berikut ini sejumlah penyebab seseorang mudah lupa, seperti dikutip dari deherba.com, meliputi:

o) Stres atau depresi. Stres dapat timbul dari masalah pekerjaan, keluarga atau tekanan batin. Bahkan ada orang yang saking stresnya jadi susah berkosentrasi dan menyimpan informasi di otak.

o) Kurang tidur malam. Bisa menjadi penyebab mudah lupa karena dapat menimbulkan stres, ada baiknya agar Anda lebih mengutamakan tidur di malam hari dibanding urusan lainnya. Ada orang yang mengganti waktu tidur malamnya dengan tidur siang, namun hal ini tidaklah efektif dan justru akan memperbesar kemungkinan pikun karena otak jadi kesulitan menggabungkan informasi-informasi di memori.

Baca : Obat tradisional untuk mencegah pikun / pelupa

o) Malas mengasah otak. Adakalanya saat menghadapi suatu persoalan seseorang mungkin malas mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan itu. Kebiasaan ini justru bisa menyebabkan kecerdasan otak jadi menurun dan responnya pun hadi lambat dalam menghadapi masalah.

Jadi, sebaiknya Anda sering menggunakan otak Anda untuk berfikir dan emncari solusi dari suatu masalah agar tidak cepat pikun.

Masih Muda Tapi Pelupa? Cari Tahu Yuk Apa Penyebab Pikun Di Usia Muda!

o) Kecanduan alkohol atau obat-obatan. Ketika menghadapi masalah yang sangat besar mungkin ada di antara Anda yang enggan untuk menghadapi masalahnya dan kemudian menjadi alkohol atau obat-obatan sebagai pelarian sementara dari masalah-maslah yang dihadapi. Namun jelas, ini bukanlah cara yang bagus. Kecanduan obat-obatan atau alkohol malah akan menimbulkan bahaya bagi otak karena zat-zat yang dikandungnya.

Jika kecanduan berlangsung dalam jangka panjang, maka penggunanya akan sangat berisiko mengalami demensia di usia muda.

Tips agar terhindar dari pikun dan pelupa di usia muda

  1. Aktif secara mental, seperti rutin baca berita, belajar bermain musik atau hanya bersantai dengan mengisi TTS bisa mengasah otak Anda.
  2. Rutin bersosialisasi/ interaksi dengan orang lain.
  3. Tidur yang cukup, setidaknya 7 jam sehari agar memori otak tetap optimal.
  4. Konsumsi suplemen herbal untuk merawat kesehatan otak dan pembuluh darah.

Itulah beberapa informasi mengenai apa yang menjadi penyebab mudah lupa dan pikun di usia muda. Semoga dengan Anda mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, pikun/pelupa bisa dicegah dan diatasi sedari dini. Gaya atau pola hidup sehat juga diperlukan lho agar terhindar dari pikun.

Posted by : http://apotek45.com

Masih Muda Tapi Pelupa? Cari Tahu Yuk Apa Penyebab Pikun Di Usia Muda!

Artikel kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *