Uncategorized

Penyebab Mimisan ( Hidung Berdarah ) Tiba Tiba dan Cara Mengatasinya

Penyebab mimisan ( hidung berdarah ) tiba tiba dan cara mengatasinya – Bagi sebagian orang mimisan menjadi hal yang begitu menakutkan terutama jika hal ini terjadi pada anak, bisa membuat Anda dan orang di sekitarnya panik.

Darah bisa dengan bebasnya keluar dari hidung, menetes dengan lambat atau bahkan menetes dengan derasnya.

Penyebab Mimisan ( Hidung Berdarah ) Tiba Tiba dan Cara Mengatasinya

Meskipun pada dasarnya mimisan bukan terjadi karena penyakit serius, namun jika mimisan pada Anda atau anak-anak terjadi secara terus-menerus, hal ini hendaknya perlu memerlukan bantuan dokter.

Hal ini diperlukan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, sehingga mendapatkan penanganan tepat dan mengurangi risiko berulangnya mimisan.

Penyebab Mimisan ( Hidung Berdarah )

Alergi

Seseorang bisa mengalami mimisan bisa jadi karena bentuk reaksi dari alergi terhadap sesusatu, sehingga dapat menyebabkan pembuluh pada kapiler menjadi terbuka dan pada akhirnya dapat mengeluarkan darah yang berasal dari lubang hidung.

Cuaca Panas

Kelembaban akan berkurang saat cuaca panas, dan pada akhirnya area hidung pun menjadi kering.

Area hidung yang mengering dapat memicu terjadinya mimisan, hal ini dikarenakan akan terjadi suatu iritasi pada area hidung dan kemudian pendarahan pun akan keluar.

Baca : Cara mengobati infeksi hidung tanpa efek samping

Flu

Flu berat bisa membuat Anda atau anak-anak sering memaksa mengeluarkan ingus dari lubang hidung, karena di dalam hidung terdapat pembuluh darah kecil yang mudah robek, ketika Anda mengeluarkan ingus dengan keras dapat keluar darah dari hidung.

Untuk itu, ketika Anda terserang flu sebaiknya tidak membuang ingus dengan keras guna mencegah terjadinya mimisan pada hidung.

Gejala dari penyakit kelainan darah

Pada beberapa kondisi tertentu seperti halnya penyakit kelainan darah dapat menyebabkan terjadinya mimisan, seperti leukimia ( kanker darah ) dan hemofilia ( darah sulit membeku ).

Pada penderita leukimia, mimisan biasanya dirasakan dengan sakit kepala.

Penderita sinus dan tumor

Mimisan juga dapat terjadi pada penderita sinus. Ketika mengalami mimisan, darah akan berwarna gelap dan akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Untuk itu, alangkah baiknya Anda mengkonsultasikan pada dokter untuk mendapatkan pertolonga lebih lanjut segera. Karena bukan tidak mungkin hal ini dapat mengindikasikan terjadinya infeksi atau tumor di rongga hidung, seperti tumor angiofibroma.

Tumor angiofibroma bisanya ditemukan pada anak-anak usia muda ataupun dewasa. Tumor ini seringkali terlibat sebagai benjolan yang berukuran sebesar biji buah nangka dan berwarna merah keputihan yang terletak di hidung.

Trauma

Penyebab mimisan juga dapat terjadi akibat adanya trauma ringan, seperti benturan ringan, bersin, mengorek hidung, dan mengeluarkan ingus terlalu keras.

Atau juga akibat dari trauma yang lebih berat seperti akibat terkena pukulan keras, terjatuh, atau kecelakaan.

Selain itu, mimisan juga dapat terjadi akibat adanya benda asing yang tajam atau trauma karena pembedahan.

Baca juga : Obat tradisional radang tenggorokan super ampuh

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Mudah Di Rumah

Pertama, jika yang mengalami mimisan anak-anak sebaiknya Anda jangan keburu panik. Karena jika Anda sudah panik duluan akan membuat sulit berfikir apa yang harus dilakukan dan salah-salah anak malah tidak tertangani dengan baik.

Dan berikut ini, cara dan tips sederhana untuk mengatasi mimisan pada anak/dewasa di rumah dengan mudah:

  1. Posisikan tubuh Anda atau anak duduk bersandar dengan posisi kepala sedikit menunduk ke arah depan, agar darah tidak mengalir ke belakang atau ke tenggorokan.
  2. Menjepit kedua caping hidung dengan jari-jari tangan selama sekitar 5 menit untuk membantu menghentikan pendarahan. Jangan lupa, untuk mengusahakan untuk bernapas melalui mulut.
  3. Kompres dingin batang hidung guna membantu menghentikan pendarahan.
  4. Apabila darah mimisan belum juga berhenti, sumbat hidung dengan menggunakankain kasa atau kain sapu tangan yang bersih. Kemudian segera bawa diri Anda atau anak ke dokter.

Usahakan selama dalam perjalanan ke dokter Anda selalu dalam posisi duduk bersandar. Hindari duduk terlentang.

Rekomendasi Pengobatan Mimisan atau Hidung Berdarah Tradisional

Aman dikonsumsi anak-anak, dewasa, lansia, ibu hamil dan menyusui

Cara pesan QnC Jelly Gamat ( QJU ) dengan cepat melalui sms

Ketik ⇒ Q J U : Jumlah pesan : Nama lengkap Anda : Alamat lengkap Anda : No.hp/tlp : Pembayaran via bank apa

Lalu, kirim ke 085 219 946 055 ( SMS/WA )

Contoh pemesanan:

Q J U : 6 botol : Rima Nurhasanah : Jl.Tentara Pelajar No.230 Kota.Tasikmalaya Jawa Barat : 081333265xxx : via bank BRI

Setelah Anda mengirimkan format pemesanan tersebut lengkap dengan kode produknya ( Q J U ), kami akan membalasnya dengan total/rincian pembayaran yang harus Anda transferkan.

Untuk pemesanan lebih dari 2 botol harus transfer dulu minimal setengahnya dari total, sisanya bisa dilunasi setelah barang sampai di alamat.

Ingat, kode produknya ( Q J U ) Harus dicantumkan untuk memudahkan pelayanan Anda saat ini dan kedepannya!

Posted by : Penyebab Mimisan ( Hidung Berdarah ) Tiba Tiba dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *