Penyebab Konstipasi Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab konstipasi pada ibu hamil dan cara mengatasinya – Meskipun konstipasi merupakan gejala umum pada kehamilan, namun konstipasi yang dibiarkan berlarut-larut bisa bertambah parah dan dapat memicu timbulnya penyakit lain, seperti wasir dan ambeien.

Namun yang perlu Anda pahami, untuk mengatasi konstipasi ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi sembarang obat pencahar atau pelancar BAB, karena memiliki banyak risiko berbahaya.

Penyebab Konstipasi Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Baca : Bahaya konstipasi atau sembelit pada anak

Penyebab konstipasi pada Ibu Hamil

Konstipasi yang terjadi pada ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya meliputi:

Meningkatnya hormon progesteron

Hormon progesteron memiliki peran dalam proses relaksasi pada kerja otot halus. Peningkatan hormon ini dapat mengakibatkan gerakan atau mobilitas organ pencernaan menjadi lambat.

Akibatnya, proses pengosongan lambung jadi lebih mala dan waktu transit makanan di lambung meningkat. Selain itu, gerakan peristaltik usus (pijatan di usus, salah satu aktivitas mencerna makanan) juga melambat, sehingga daya dorong dan kontraksi usus terhadap sisa-sisa makanan melemah. Alhasil, sisa makanan menumpuk lebih lama di usus dan sulit dikeluarkan.

Perut ibu hamil yang membesar

Membesarnya perut ibu hamil dapat menimbulkan tekanan rahim pada pembuluh darah balik panggul dan vena cafa inferior (pembuluh darah balik besar di bagian kanan tubuh, yang menerima aliran darah dari tubuh bagian bawah).

Penekanan ini akan semakin memengaruhi sistem kerja usus halus dan usus besar. Itu sebabnya,konstipasi sering terjadi pada kehamilan trimester ketiga, di mana perut semakin membesar.

Penekanan rektum

Semakin besar perut, akan berdampak lanjutat, yakni rektum (bagian terbawah usus besar) tertekan. Penekanan ini membuat jalannya feses menjadi tidak lancar, sehingga konstipasi terjadi.

Kurang serat
Serat sangatlah dibutuhkan tubuh bagi sistem penceraan. Asupan serat akan memperlancar kinerja pencernaan dalam mengurai makanan, sampai mengeluarkan kotoran.

Pada orang normal sekalipun, kekurangan serat bisa mengakibatkan konstipasi. Terlebih lagi pada ibu hamil yang kondisinya khusus.

Mengonsumsi zat besi

Mengkonsumsi zat besi dengan dosis tinggi seperti dari suplemen, turut serta menyebabkan konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.

Tidak olahraga

Olahrga membuat tubuh sehat dan dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Berolahraga secara rutin, misalnya seperti jalan kaki atau berenang dapat merangsang otot-otot perut dan usus. Salahs atunya memicu gerakan peristaltik usus, sehingga mencegah konstipasi.

Kurang asupan cairan

Asupan cairan yang kurang akan membuat ubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini akan berdampak pada pengerasan tinja, sehingga tinja sulit untuk dikeluarkan dan pada akhirnya akan terjadi konstipasi atau sembelit.

Baca : Kenali penyebab dan gejala konstipasi pada bayi

Gejala konstipasi pada ibu hamil

  • Kotoran atau feses mengeras dan sulit untuk dikeluarkan.
  • Timbul rasa sakit dibagian bawah perut
  • Perut terasa penuh dan kembung
  • Jeda buang air besar antara 1-2 hari
  • Terkadang, menyebabkan pendarahan karena feses yang keras.

Cara Mudah Mengatasi Konstipasi Saat Hami Dengan Aman

Selain dengan mengkonsumsi cukup serat, mencukupi kebutuhan cairan tubuh, rutin olahraga, dan membatasi konsumsi zat besi, Anda juga bisa mencegah serta mengatasi konstipasi dengan mengkonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat yang terbuat dari 100% herbal berkhasiat yang aman dan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Penyebab Konstipasi Pada Ibu Hamil dan Cara MengatasinyaBahan utama obat herbal QnC Jelly Gamat yakni berupa ekstrak teripang emas, sejenis hewan yang ada di dasar laut yang menurut beberapa penelitian memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama pencernaan.

Herbal ini aman tidak?

Tentu saja, karena QnC Jelly Gamat hanya berbahan herbal saja, TANPA menambahkan sedikitpun zat/bahan kimia berbahaya, sehingga tidak menimbulkan efek samping dan aman bila dikonsumsi jangka panjang oleh siapa saja.

Legalitas dari produknyapun sudah jelas, karena herbal ini sudah terdaftar resmi di Departmen Kesehatan RI dengan nomor register PIRT No: 109321601291-1229 dan sudah tersertivikasi HALAL dari MUI.

Ingin pesan?

Jika ya, Anda bisa mendapatkan QnC Jelly Gamat Originalnya di agen resminya, salah satunya TOKO AZKA HERBAL. Informasi pemesanan dan produk selengkapnya, Klik saja di sini!

Atau Anda bisa menghubungi agen resminya di 081 323 044 111, dengan catatan menyebutkan/mencantumkan kode QJU saat pemesanannya agar prosesnya lebih mudah dan cepat!

Nah, itulah informasi mengenai penyebab konstipasi pada ibu hamil dan cara mengatasinya. Semoga dengan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan Anda terhadap penyakit yang satu ini.

Penyebab Konstipasi Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *