Apa Saja Penyebab Kolitis atau peradangan usus besar?

apotek45.comPenyakit radang usus besar (kolitis) merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, dewasa atau lansia dengan gejala nyeri, demam, bengkak pada jaringan usus besar, dan lainnya.

Baca : Tanda dan Gejala Penyakit Kolitis

Sedangkan kolitis ulseratif (colitis ulcerative) adalah suatu penyakit yang mengenai saluran cerna, khususnya usus besar dan anus yang ditandai dengan adanya ulkus atau borok di usus besar. Penyakit ini biasanya bersifat menahun dan belum diketahui penyebab pastinya.

Apa Saja Penyebab Kolitis atau peradangan usus besar?Namun, menurut beberapa sumber terpercaya penyebab kolitis atau peradangan usus besar di antaranya yakni :

  • Infeksi virus, bakteri atau parasit. Infeksi ini disebabkan makanan, minuman atau tangan yang kotor. Shigella, E.coli, salmonella dan campylobacter diketahui sebagai bakteri penyebab infeksi ini.
  • Iskemik Kolitis (aliran darah yang tidak kuat), yaitu pada kasus atherosklerosis, volvulus, hernia inkarserata dan henoch-schonlein purpura (HSP). Biasanya kasus ini disertai demam, diare parah, anemia, dehidrasi dan syok.
  • Reaksi autoimun. Reaksi ini biasa disebut dengan inflammatory bowel disease yang meliputi kolitis ulseratif dan penyakit crohn’s. Kolitis ulseratif memiliki gejala nyeri perut lebih dominan, sedangkan penyakit crohn’s melibatkan saluran pencernaan yang lain, tidak hanya usus besar dan disertai skip lession.
  • Kolitis mikroskopik.
  • Bahan-bahan kimia. Bahan kimia keras yang merangsang usus besar, seperti enema dapat menyebabkan kolitis.
  • Kolitis yang sering terjadi pada anak-anak : necrotizing enterocolitis (NEC), kolitis alergi.
  • Kolitis akibat radiasa pada usus besar.

Nah, itulah informasi mengenai penyebab penyakit kolitis atau peradangan usus besar yang dapat admin bagikan.

Sebagai pencegahan, Anda juga bisa melakukan beberapa hal seperti menjaga kebersihan makanan dan minuman, serta mencuci tangan sebelum makan agar bakteri, virus, atau parasit penyebab infeksi dan peradangan enggan menjangkiti tubuh Anda.

Baca juga informasi mengenai obat tradisional penyakit kolitis Gastric Health Tablet yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami berkhasiat yang dapat membantu mencegah serta menyembuhkan penyakit perut seperti kolitis secara alami, aman dan bebas efek samping.

Posted by : http://apotek45.com/

Apa Saja Penyebab Kolitis atau peradangan usus besar?

Artikel kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *