Penyebab Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya – Sebenarnya banyak yang menjadi faktor penyebab tingginya kolesterol yang mungkin tidak Anda sadari. Namun sebelum kita mengetahui apa yang menjadi penyebab kolesterol tinggi danbagaimana cara mengatasinya, tak ada salahnya untuk mengingat lagi apa itu kolesterol.

Kolesterol adalah lemak lunak yang diproduksi dan dihasilkan dari organ hati yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Tubuh biasanya menghasilkan kolesterol sebanyak 800 mg setiap harinya.

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya

Dikatakan kolesterol normal bila kadar kolesterol Anda ada diantara 160-200 mg. Namun bila kadar kolesterol di atas 240 mg, maka Anda termasuk orang yang memiliki tinggi kadar kolesterol. Banyak hal yang menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol, diantaranya faktor keturunan dan pola hidup yang kurang sehat.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Nah, berikut ini beberapa penyebab kolesterol yang bisa Anda kenali dan seharusnya dihindari jika tidak ingin tekena kolesterol tinggi:

Menu makanan yang tidak tepat dan berlebihan

Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh bisa meningkatkan kada kolesterol Anda, lemak jenis ini biasanya banyak ditemukan pada daging jeroan, daging unggas, telur, keju, minyak kelapa, kelapa, kue-kue dan berbagai jenis makanan yang digoreng.

Obesitas atau berat badan berlebih

Selain menjadi penyebab diabetes, obesitas juga merupakan penyebab kolesterol tinggi yang cukup berbahaya. Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.
Hal ini tentu dapat meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

Kurangnya aktivitas olahraga

Kurang beraktivitas juga dapat meningkatkan akdar LDL (kolesterol jahat) dan membuat HDL terlalu sedikit.

Sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk berolahraga disela aktivitas padat Anda, karena dengan berolahraga rutin biarpun hanya sebentar dapat menghambat dan menjauhkan Anda dari risiko terkena kolesterol tinggi.

Usia dan jenis kelamin

Usia di atas 20 tahun, kadar kolesterol secara alami cenderung meningkat, dan jika tidak dikontrol dengan baik akan menjadi berbahaya dan merugikan tubuh. Biasanya jika pria sudah menginjak usia di atas 50 tahun kadar koelsterolnya semakin tinggi dan bagi wanita kada kolesterol bisaturun pada saat menopause, tapi akan meningkat lagi setelahnya.

Memiliki penyakit lain

Ada beberapa penyakit yang cenderung memicu tingginya kadar koelsterol. contohnya mereka dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi, liver, dan gangguan ginjal kronis.

Keturunan atau faktor genetik

Bila Anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kolesterol tinggi, Anda patut berhati-hati. Karena orang dengan garis keturunan yang memiliki riwayat koelsterol tinggi memiliki kecenderungan mewarisi hal tersebut dibanding dengan orang yang bukan dari keturunan yang memiliki riwayat kolesterol.

Merokok

Selain dapat merusak paru-paru, kebisaan merokok juga akan menurunkan level kolesterol baik.

Bagaimana Cara Mengatasi Kadar Kolesterol Tinggi?

Cobalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang sebagai langkah utama untuk mencegah dan menurunkan kolseterol. Cobalah ganti panganan yang mengandung lemak jenuh dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran atau biji-bijian utuh (sereal gandum).

Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap terkontrol dan dalam posisi yang aman.

Biasakan juga untuk menerapkan gaya hidup sehat, karena dengan gaya hidup yang sehat akan memberi pengaruh besar dalam menjauhkan Anda dari berbagai penyakit, salah satunya koelsterol tinggi. Contohnya dengan tidak merokok dan segera mulai untuk melakukan olahraga rutin.

Namun, jika hal di atas tidak juga menurunkan kadar kolesterol Anda. Anda bisa melakukan cara lain, yaitu dengan mengkonsumsi obat penurun kolesterol herbal yang terbuat dari 100% bahan alami terbaik yang aman bagi Anda, KLIK DI SINI untuk mengetahui obat tradisional penurun kolesterol yang aman dan ampuh.

Posted by : Penyebab Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya on apotek45.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *