Penyebab dan Gejala Kanker Ginjal Stadium 1

      No Comments on Penyebab dan Gejala Kanker Ginjal Stadium 1

Apotek45.com – Seperti organ tubuh lainnya, ginjal juga bisa mengalami gangguan penyakit kanker. Kanker ginjal merupakan penyakit Smoking-Kisney-Cancer umum yang mempengaruhi orang dengan usia lanjut dan hampir dua dari tiga orang yang didiagnosis di atas usia 65 tahun. Kanker ginjal jarang terjadi pada orang di bawah usia 50 tahun.

Penyebab dan Gejala Kanker Ginjal Stadium 1

Pada orang dewasa, jenis kanker ginjal yang paling sering ditemukan adalah jenis karsinoma sel ginjal (adenokarsinoma renalis, hipernefroma) yang berasal dari sel-sel yang melapisi tubulus renalis.

Sebagian besar tumor ginjal yang padat adalah kanker, sedangkan kista (rongga berisi cairan) biasanya termasuk jinak.

Penyebab dan Gejala Kanker Ginjal

Kebanyakan, kasus kanker ginjal ini tidak memiliki penyebab yang dapat diindentifikasi. Namun ada beberapa faktor risiko terkait yang dapat memicu tumbuhnya kanker ginjal lebih besar, di antaranya yakni :

  • Merokok.
  • Kegemukan (obesitas).
  • Kontak dengan bahan kimia tertentu. Pekerja yang melakukan kontak dengan bahan kimia seperti pewarna aniline (senyawa organik buatan yang digunakan dalam pekerjaan kulit dan kayu), serta logam berat memiliki risiko lebih tinggi.
  • Penyakit ginjal stadium akhir yang memerlukan pengobayan dengan melakukan beberapa hal yang dilakukan oleh ginjal sehat.
  • Obat penghilang rasa sakit kronis, seperti parasetamol, dan obat anti pembengkakan tanpa steroid (NSAID) seperti ibuprofen dan aspirin.
  • Kanker ginjal bawaan.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Penyinaran.
  • Penyakit Von Hippel-Lindau (VHL), yakni jenis penyakit langka, sindrom kanker genetik yang menyebabkan serangkaian tumor di berbagai bagian tubuh.

Ciri-Ciri Kanker Ginjal Utama Yang Paling Sering Terlihat

Pada stadium dini atau awal, kanker ginjal jarang menimbulkan gejala. Gejala Kanker ginjal akan mulai terlihat jika si sel kanker tersebut sudah mencapai tahap menengah sampai stadium lanjut. Pada tahap ini, ciri-ciri kanker ginjal yang mulai dan paling sering terlihat di antaranya ialah :

  • Urin berdarah (hematuria) – jumlah darah biasanya cukup banyak, sehingga mengubah warna urin menjadi kemerahan atau coklat gelap.
  • Rasa sakit yang terus-menerus di sisi tubuh, tepat di bawah tulang rusuk.
  • Adanya benjolan atau pembengkakan di area ginjal (di kedua sisi tubuh).

Tanda / Gejala Kanker Ginjal Lainnya

Selain 3 ciri utama di atas, kanker ginjal juga biasanya menimbulkan gejala ini, namun lebih jarang dialami oleh para penderitanya. Beberapa gerjala tersebut diantaranya meliputi:

  • Mengalami kelelahan yang ekstrim atau anemia.
  • Penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya.
  • Mengalami demam dengan suhu 38 derajat C atau lebih tinggi.
  • Berkeringat pada malam hari.
  • Merasa tidak enak badan.
  • Pembengkakan pembuluh darah di testis (jika penyakit kanker terjadi pada pria).
  • Kehilangan selera makan.
  • Tekanan darah tinggi.

Di antara gejala-gejala kanker ginjal yang perlu Anda waspadai adalah gejala timbulnya rasa sakit atau bengkak atau benjolan di area ginjal yang terletak di kedua sisi tubuh (tepat di bawah tulang rusuk).

Jika Anda mengalami tanda-tanda kanker ginjal seperti yang diuraikan di atas, terutama jika gejalanya terjadi dalam waktu bersamaan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter Anda untuk memastikan penyebabnya dan agar bisa ditangani secepat mungkin.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan seperti CT-scan untuk membantu Anda dalam menentukan keberadaan kanker. Namun sayang, hal ini belum dapat dinyatakan efektif sebagai metode pendeteksi kanker.

Setelah kanker ginjal ditemukan, tahap selanjutnya yang dokter lakukan ialah memberikan pilihan pengobatan yang tersedia guna meringankan gejala kanker ginjal sekaligus menghentikan proses penyebaran kanker yang cenderung agresif agar tidak berkembang.

Deteksi dini kanker ginjal akan memperoleh kemungkinan Anda sembuh lebih besar.

Sumber : www.singhealth.com.sg , http://www.spesialis.info/ ,

Selain dengan menjalani pemeriksaan medis oleh dokter ahli, Anda juga bisa menggunakan herbal sebagai langkah alternatif untuk menekan perkembangan sel kanker ginjal agar tidak semakin parah.

Jika Anda tertarik dengan memanfaatkan pengobatan herbal, sebaiknya Anda harus jeli memilih mana herbal yang benar-benar bermanfaat untuk menangani kanker.

Pilihan Pengobatan Herbal Kanker Ginjal Yang Benar-Benar Memiliki Kemampuan Dalam Menumpas Kanker Ginjal dan Mengembalikan Kembali Fungsi Ginjal Dengan Baik, Tanpa Efek Samping, Klik di sini untuk informasi lengkapnya!

Itulah informasi mengenai penyebab dan gejala kanker ginjal stadium 1 yang dapat kami bagikan, semoga dengan adanya informasi ini dapat meningkatkan kewaspadaan Anda jika Anda mengalami hal-hal seperti yang dideskripsikan di atas.

Posted by : http://apotek45.com/

Penyebab dan Gejala Kanker Ginjal Stadium 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *