Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Crohn’s Disease

apotek45.com – Perlu Anda ketahui bahwa penyakit crohn merupakan penyakit inflamasi usus seumur hidup di mana bagian dari sistem pencernaan dapat membengkak dan mengalami luka dalam yang disebut ulkus.

Satu hal yang harus Anda waspadai adalah bila Anda seringkali mengeluhkan gangguan pada pencernaan, mual, muntah, tidak bisa makan kasar atau gangguan pencernaan lainnya sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, karena disinyalir bahwa itu merupakan beberapa diantara gejala penyakit crohn.

Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Crohn's Disease

Apa yang menjadi penyebab penyakit crohn ini sebenarnya masih belum diketahui. Namun beberapa ilmuwan menduga bahwa infeksi/peradangan ini terjadi karena bakteri tertentu seperti strain mycobacterium. Namun hingga saat ini belum ada bukti yang meyakinkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh infeksi itu.

Meskipun penyakit ini tidak menular, namun bila dibiarkan begitu saja dan tidak mendapatkan penanganan khusus dan tepat penyakit crohn bisa semakin meradang dan akan berakibat fatal bagi organ pencernaan. 

Berikut ini ada beberapa faktor yang berperan dalam terjadinya penyakit crohn, diantaranya yakni:

  • Gen atau riwayat keluarga atau faktor keturunan. Terdapat bukti penyakit crohn merupakan penyakit keturunan dalam keluarga. Terlebih penyakit crohn cenderung terjadi hanya di beberapa etnis bangsa, turut membuktikan bahwa ini adalah kondisi turun temurun.
  • Sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi usus dari bakteri berbahaya yang masuk ke sistem pencernaan mengalami gangguan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan menyerang baik bakteri berbaha dan bakteri baik. Kondisi inilah yang diduga menyebabkan terjadinya penyakit crohn.
  • Faktor usia. meski penyakit crohn bisa muncul kapan saja, kondisi ini lebih sering dialami pada usia muda. Kebanyakan penyakit radang pada dinding usus ini terdiagnosis di bawah usia 30 tahun.
  • Merokok. Risiko paling tinggi yang menyebabkan penyakit crohn adalah merokok. Orang yang merokok dua kali lipat lebih berisiko dibanding orang yang tidak merokok. Bahkan gejala penyakit crohn pada orang yang merokok akan lebih parah dan cenderung membutuhkan tindakan operasi sebagai penanganannya.

Untuk itu, bila Anda merasakan ada yang tidak enak pada bagian tubuh apapun itu lakukan segera pemeriksaan guna mengantisipasi kemungkinan peradangan atau infeksi pada tubuh yang lebih parah. Selain dengan membiasakan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang dapat menutrisi tubuh, rajin berolahraga dan tidak merokok, Anda juga bisa memaksimalkan nutrisi harian tubuh dengan mengkonsumsi suplemen alami.

Koloklin Capsule Green World merupakan nutrisi herbal yang terbuat dari tanaman-tanaman herbal yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh, terutama daerah usus. Apa itu koloklin capsule?

Lebih lengkap mengenai obat sakit crohn koloklin capsule, klik di sini!

Nah, itulah informasi yang dapat admin bagikan. Semoga dengan mengetahui apa saja yang menjadi faktor pemicu terjadinya penyakit radang usus atau crohn ini dapat membuat Anda semakin waspada. Terimakasih sudah menyimak. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ..

Posted by : http://apotek45.com/

Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Crohn’s Disease

Artikel kesehatan lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *