Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Celiac

      No Comments on Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Celiac

apotek45.com – Penting rasanya mengetahui apa yang menjadi penyebab dari suatu penyakit. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa penyakit celiac merupakan penyakit yang menyerang auto imun.

Penyebab pasti dari ketidaknormalan reaksi pada sistem imun tubuh ini belum diketahui , namun sistem imun tubuh memproduksi antibody karena mengira gluten adalah Ancaman bagi tubuh.

Dari zat antibodi inilah menimbulkan kerusakan pada bulu-bulu halus di permukaan usus. Karena kerusakan inilah yang menyebabkan proses pengambilan nutrisi menjadi kurang sempurna.

Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Celiac Selain itu, penyakit celiac ini juga bisa disebabkan karena prosedur pembedahan pada masa kehamilan dan masa setelah kelahiran yang dipicu oleh adanya infeksi virus dan juga gangguan pada masalah emosional.

Nah, berikut ini ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit celiac, di antaranya yakni :

  • Faktor keturunan. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit celiac, risiko terkena penyakit celiac juga semakin besar.
  • Kondisi kesehatan. Beberapa penyakitseperti diabetes tipe 1, kolitis ulseratif, gangguan saraf, down syndrome, sindrom turner, sindrom sjorgen dan penyakit autoimun yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit celiac.
  • Faktor lingkungan. Orang yang pernah mengalami infeksi sistem pencernaan seperti infeksi roatavirus, saat masih anak-anak akan memiliki risiko lebih besar mengalami penyakit celiac.

Pengobatan di rumah

Selain perubahan gaya hidup, ada beberapa pengobatan lain yang bisa Anda lakukan di rumah. Diantaranya dengan :

  • Ikut diet bebas gluten setiap hari. Jaga diet Anda walaupun kondisinya sudah membaik.
  • Dapatkan bantuan dari ahli diet atau ahli gizi untuk merencanakan diet Anda.
  • Bergabung dengan support group jika Anda tertarik mempelajari celiac disease.
  • Hubungi dokter Anda jika gejala tidak sembuh dalam 3 minggu setelah melakukan diet bebas gluten.
  • Hubungi dokter jika demam meningkat.

Dan bila perlu, dampingi dengan suplemen yang terbuat dari bahan-bahan herbal guna penyembuhan penyakit lebih cepat dan menetralisir efek samping pasca pengobatan dokter.

Informasi lengkap mengenai obat herbal penyakit celiac, Klik Di Sini!

Posted by : http://apotek45.com

Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Celiac

Artikel kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *