Apa Penyebab Munculnya Benjolan atau Pembengkakan Pada Nodul Persendian

Anda sering mengalami pembengkakan atau adanya benjolan pada persendian? Selain bengkak, muncul juga kemerahan dan rasa nyeri yang tak tertahankan?

Itu tandanya Anda sedang mengalami salah satu gejala dari penyakit rematik. Penyakit rematik memang memiliki banyak jenisnya, satu di antaranya reumatoid artritis.

Apa Penyebab Munculnya Benjolan atau Pembengkakan Pada Nodul Persendian

Baca : Ciri ciri rematik, penyebab dan cara mengobatinya secara alami

Reumatoid artritis merupakan peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan juga kaku pada persendian, baik itu kaki ataupun tangan.

Seiring waktu, Pembengkakan akibat adanya radang pada sendi ini bisa menghancurkan jaringan persendian dan bentuk tulang. Efek dari kondisi ini bisa membatasi aktivitas Anda, seperti sulit untuk berjalan dan menggunakan tangan.

Rematik merupakan penyakit menahun dan sistematik, namun tidak terlalu berbahaya bila diketahui sejak dini. Pengobatan dan pencegahannya pun bisa lebih mudah.

Namun, jika penyakit rematik dibiarkan begitu saja dengan tanpa pengobatan sedikitpun bisa menimbulkan masalah serius, di antaranya kecacatan permanen di persendian, dan bahkan dapat menimbulkan stroke ringan.

Untuk saat ini memang belum ada obat yang bisa menyembuhkan rematik, mengingat yang jadi masalah adalah penyebab dari rematik itu sendiri, yakni faktor usia yang tidak bsia di hindari lagi dan mungkin bisa karena adanya penyakit auto-imun (tubuh menyerang dirinya sendiri).

Kalaupun ada, obat rematik hanya bisa mengurangi gejalanya saja dan mencegah supaya rematik tidak terlalu sering bolak balik menghampiri persendian Anda.

Sebuah penelitian dari The Review, menyimpulkan. Jika daerah rematik dipijat dengan es, ternyata sangat bermanfaat untuk mengembalikan fungsi gerak dari lutut. Lutut yang kaku-kaku tersebut bisa bergerak lebih bebas.

Apa Penyebab Munculnya Benjolan atau Pembengkakan Pada Nodul Persendian

Selain itu, bengkak juga bisa berkurang dengan kompres dingin menggunakan es. Berikut cara-cara menekan gejala pembengkakan dan benjolan pada nodul persendian akibat rematik di rumah.

  • Ambil potongan es batu yang kecil-kecil, lalu masukkan dalam kantong es.
  • Keluarkan udara berlebihan dari kantong es, lalu tutup atau ikat kantong es dengan kuat.
  • Lapisi bagian tubuh yang ingin dikompres dengan handuk kecil.
  • Letakkan baskom kecil di bawah bagian tubuh yang akan dikompres untuk menampung tetesan es.
  • Lakukan kompres, namun ingat! Janga sampai melebih dari 15 menit.

Namun, jika dengan melakukan cara-cara tersebut pembengkakan atau benjolan nodul pada persendian tak kunjung kempes dan membaik, maka sudah waktunya Anda untuk segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sehingga komplikasi seperti stroke ringan dan rusaknya jaringan persendian bisa dicegah.

Demikian informasi mengenai penyebab munculnya benjolan atau pembengkakan pada nodul persendian. Semoga dengan adanya informasi ini menambah pengetahuan Anda.

Apa Penyebab Munculnya Benjolan atau Pembengkakan Pada Nodul Persendian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *