Apakah Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 Bisa Disembuhkan atau Tidak

Apakah Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 Bisa Disembuhkan atau Tidak?

Penyakit diabetes kini menjadi salah satu penyakit fokus dunia, termasuk Indonesia. Sampai saat ini, penderita penyakit diabetes dari tahun ke tahun terus meningkat.

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) di perkirakan pada 2030 penyandang diabetes di Indonesia akan meningkat sebanyak 21,3 juta orang.

Apakah Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 Bisa Disembuhkan atau Tidak

Dikutip dari jpnn.com, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes Prof dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp. P(K) menjelaskan “Penyakit diabetes harus menjadi perhatian serius bagi kita semua karena diabetes juga mengancam pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karenanya, pengendalian diabetes melitus perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan secara komprehensif”.

Tjandra juga memaparkan, berdasarkan prediksi WHO, Indonesia segera menduduki peringkat ke empat setelah Amerika Serikat, China dan India di antara negara-negara yang memiliki penyandang diabetes terbanyak, dengan populasi penduduk terbesar dunia.

Sedangkan menurut data Riset Kesehatan Dasar 2007, diabetes merupakan penyebab kematian nomor 6 dari semua kelompok umur. Prevalensi diabetes di Indonesia yang ada di perkotaan adalah sebanyak 5,7% dan sebanyak 73,7% pasien diabetes tidak terdiagnosa.

Kondisi ini tentu akan meningkatkan komplikasi diabetes semakin besar.

“Sebagian besar penderita diabetes mengunjungi dokter dalam keadaan kronis. Akibatnya, penderita tidak terdiagnosis dan tidak diobati hingga mengakibatkan komplikasi berat seperti retinopati, penyakit ginjal, stroke, serangan jantung dan kematian dini,” papar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. H. M.Subuh, MPPM di Jakarta.

Lantas, apakah diabetes bisa disembuhkan? Apa nama pengobatannya?

Para peneliti sedang berjuang keras untuk memunculkan solusi bagi penderita diabetes tipe 1, mereka akhirnya menemukan Heatshock protein, dipercaya ketika protein disuntikkan pada tubuh, ia akan berperan sebagai umpan bagi sistem imun tubuh. Alhasil bukan sel beta pankreas yang dihancurkan, melainkan protein baru ini.

Hal ini tentu bagai angin sejuk bagi Anda dan para penderita diabetes tipe 1 lainnya.

Tapi tunggu dulu, terapi ini hanya berkhasiat pada Anda yang masih memiliki sel beta pankreas yang masih hidup, sayangnya sebagian besar penderita diabetes tipe 1 telah kehilangan seluruh beta pankreasnya.

Lalu, bagaimana kita harus menyikapi kondisi ini?

Skrining sejak usia muda merupakan satu-satunya jalan untuk mempertahankan sel beta pankreas. Namun sayang, tidak semua orang sadar akan pentingnya skrining ini, belum lagi biaya skrining yang tidak murah.

Jadi, diabetes tipe 1 bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan, melainkan penyakit yang BISA DIATASI untuk menghadirkan kualitas hidup yang lebih baik bagi para penderitanya.

Sumber : lifestyle.sindonews.com/ , jpnn.com/ , http://pedulisehat.info

Baca : cara ampuh mengatasi diabetes tipe 1 secara alami

Demikian informasi mengenai apakah diabetes tipe 1 bisa disembuhkan atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat dan semakin meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap penyakit serius yang satu ini. Salam sehat!

Apakah Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 Bisa Disembuhkan atau Tidak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *