Penderita Hipertiroid? Wajib Hindari 5 Asupan Makanan/Minuman Ini

apotek45.com – Sangat penting rasanya mengetahui jenis makanan apa yang harus dihindari untuk menurunkan gejala dari hipertiroid. Karena tak dapat dipungkiri bila Anda salah memberi asupan makanan terhadap tubuh Anda, penyakit hipertiroid tersebut bisa saja bukannya semakin pulih malah semakin parah.

Penderita Hipertiroid? Wajib Hindari 5 Asupan Makanan/Minuman IniBila Anda mengalami gejala seperti mudah lelah, moody, tangan bergetar (tremor), detak jantung tidak stabil, sulit bernafas, mudah berkeringat, berat badan menurun walau sudah makan teratur, dan bagi Anda perempuan gejalanya juga bisa ditandai dengan adanya perubahan jadwal mestruasi.

Nah, Bila Anda mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya mulailah jauhi 5 makanan atau minuman jenis ini untuk mencegah hipertiroid semakin parah, seperti dilansir dari Magforwomen :

Makanan dengan kadar yodium tinggi

Yodium memang sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan kelenjar tiroid, namun bila dikonsumsi berlebihan bisa memicu meningkatnya produksi kelenjar tiroid dan menyebabkan hipertiroid.

Sebaiknya Anda hindari makanan dengan tinggi akan yodium seperti rumput laut dan makanan laut yang tinggi yodium.

Makanan bertepung

Tepung termasuk makanan dengan nutrisi sangat rendah sehingga sulit untuk dicerna tubuh. Makanan kaya glikemik ini bisa mengganggu kadar gula dan hormon dalam tubuh Anda. Anda bisa mengganti makanan berbahan tepung seperti roti, pasta, makanan ringan dan sereal dengan 100% biji-bijian seperti beras merah dan gandum.

Produk susu

Berbagai penelitian membuktikan bahwa susu atau produk dari susu umumnya tidak baik untuk kondisi hipertiroid. Sisa hormon pertumbuhan dan penisilin telah ditemukan dalam produk susu yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Disamping itu, susu juga mengandung protein kasein seperti halnya yang diproduksi oleh tubuh, kelebihan kasein dapat menyebabkan proses pencernaan Anda menjadi sulit. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari produk susu seperti keju, yoghurt dan es krim untuk mengontrol hipertiroid.

Kafein, alkohol dan tembakau

Orang dengan penyakit hipertiroid harus menghindari olahan kopi (minum kopi), alkohol, teh terlalu berlebihan dan tembakau.

Ini karena semua aneka minuman itu termasuk stimulant yang dapat meningkatkan denyut jantung dan memperparah gejala seperti iritabilitas, kegugupan dan kecemasan.

Daging merah

Daging merah mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat merugikan keseimbangan hormonal tubuh. Bila Anda memiliki hipertiroid dengan kolesterol tinggi, diabetes tipe-2 dan penyakit jantung, maka akan menjadi sulit untuk sembuh dari hipertiroid.

Anda bisa mengganti daging merah dengan ikan tuna dan salmon.

Itulah 5 makanan dan minuman yang wajib dijauhi Anda penderita penyakit hipertiroid. Semoga dengan adanya informasi ini menjadikan acuan untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat dan terhindar dari penyakit semacam hipertiroid.

Posted by : http://apotek45.com

Penderita Hipertiroid? Wajib Hindari 5 Asupan Makanan/Minuman Ini

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *