Pantangan Makanan Penderita Asam Lambung Tinggi

apotek45.com – Berikut ini beberapa di antara daftar makanan yang di pantang bagi penderita asam lambung naik guna mengurangi risiko asam lambung naik lebih parah, hindari konsumsi makanan-makanan ini.

Karena jika asupan makanan tidak diperhatikan biarpun sudah berobat, pengobatan pun tidak akan bekerja secara maksimal dan bahkan membuang-buang waktu alias sia-sia.

Pantangan Makanan Penderita Asam Lambung Tinggi Pantangan Makanan Penderita Asam Lambung Tinggi

Makanan pedas, seperti : cabai

Anda dapat mengganti cabai dengan bahan yang tidak terlalu pedas seperti merica, atau mengganti saus cabai dengan saus tomat.

Makanan berlemak, seperti alpukat, kacang, keju atau daging iga

Hindari juga mengkonsumsi keripik kentang, kue kering yang mengandung butter dengan kadar lemak tinggi, brownies, donat, gorengan dan daging berlemak.

– Minuman beralkohol, seperti wine, bir, koktail yang dapat memicu naiknya asam lambung

– Buah-buahan dan sayuran yang memiliki sifat asam, seperti jeruk, lemon, anggur dan salad yang ditambahi cuka

– Peppermint, ini dapat memicu naiknya asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan karena efeknya dapat melemaskan otot sfingter antara perut dan kerongkongan.

– Bawang putih dan bombay

– Minuman atau makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, soda atau teh.

– Cokelat, seperti halnya peppermint coklat juga berisiko melemaskan otot sfingter dan melepaskan asam lambung ke kerongkongan.

– Makanan yang mengandung banyak gas, seperti brokoli, kubis, kecambah, susu dan kacang-kacangan.

Selain menghindari atau mengurapi asupan makanan yang dapat meningkatkan asam lambung tinggi tersebut, Anda juga harus memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Di antaranya seperti :

  • Hindari merokok dan meminum-minuman keras karena akan memperburuk nyeri ulu hati yang merupakan salah satu tanda naiknya asam lambung.
  • Hindari olahraga atau beraktivitas berat setelah makan. Sebaiknya tunggu setidaknya 3-5 jam kemudian.
  • Hindari makan dalam jumlah banyak dalam sekali makan.
  • Hindari juga makan dengan terburu-buru.
  • Jaga berat badan tetap ideal. Perut buncit berisiko menambah tekanan sehingga lebih mudah menyebabkan asam lambung naik.
  • Naikkan kepala setidaknya 20cm dengan menempatkan bantal di bawah kepala. ingat, bantal yang digunakan jangan lebih dari satu karena akan menyebabkan tekanan berlebih pada perut atas.

Baca : Pengobatan Tradisional Asam Lambung Tinggi Dari 100% Bahan Herbal Alami

Sebenarnya makanan apapun bila dikonsumsi dalam porsi terlalu banyak dalam sekali makan memiliki risiko asam lambung naik dan membuat ulu hati nyeri. Maka dari itu selain memperhatikan pantangan, pola makan dan pola hidup yang baik juga menjadi salah satu cara untuk mencegah asam lambung tinggi.

Dan bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki asam lambung tinggi, sebagai pengobatan yang aman dan alaminya kami rekomendasikan GASTRIC HEALTH TABLET Green World yang khasiatnya sudah terbukti efektif dalam mengatasi masalah di lambung.

Pantangan Makanan Penderita Asam Lambung Tinggi

Posted by : http://apotek45.com/

Pantangan Makanan Penderita Asam Lambung Tinggi

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *