Uncategorized

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Kronis

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Kronis – Mengetahui asupan makanan apa saja yang baik dan tidak baik bagi Anda penderita penyakit ginjal kronis merupakan salah satu cara yang penting dilakukan selain dengan harus melakukan pengobatan. Karena jika asupan makanannya tidak tepat otomatis akan memperparah keadaan ginjal Anda.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal KronisPenderita penyakit ginjal biasanya tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalium dan protein yang tinggi. Selain itu, karbohidrat dan mineralnya harus dibatasi. Dengan metode diet pasien ginjal kronis diharapkan kesehatan ginjal akan tetap terjaga dan berfungsi dengan lebih baik. Lalu apa sajakah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita ginjal kronis?

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Kronis

Berikut ini beberpa pantangan maknanan yang harus di hindari oleh pasien penyakit ginjal :

  • Makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi seperti nasi, jagung, ubi, kentang, pasta, macaroni dan hevermout. Kenapa nasi, kentang dan umbi-umbian tidak diperbolehkan untuk penderita ginjal? karena
    > Nasi mengandung gula dan akan membuat rasa haus timbul saat mengkonsumsinya.
    > Kentang juga merupakan karbohidrat seperti nasi yang harus dihindari karena mengandung protein dan kalori yang besar. Memakan kenyang dapat menyebabkan rasa haus timbul dan membuat pasien ingin meminum banyak air . Sayangnya mineral yang boleh dikonsumsi penderita ginjal harus dibatasi.
    > Umbi-umbian seperti singkong dan ubi juga dilarang karena mengandung gula dan protein. Selain itu umbi-umbian juga akan menimbulkan rasa haus yang lumayan.
  • Hindari makanan dengan kandungan protein tinggi seperti daging ayam, daging kambing, udang, telur hati dan keju. Kenapa penderita penyakit ginjal harus menghindari daging, telur, keju?
    > Aneka macam daging mengandung protein hewani yang tinggi yang sulit disaring oleh tubuh penderita ginjal.
    > Telur mengandung protein yang tinggi . Berhubung ginjal penderita penyakit ginjal tidak berfungsi maksimal maka makanan berprotein yang tidak dapat disaring akan menumpuk dan menjadi racun bagi ginjal.
    > Keju merupakan olahan susu yang mengandung kalium, fosfor dan potasium. Bagi penderita penyakit ginjal kalium memang harus dihindari. Makanan yang mengandung banyak fosfor juga akan menumpuk dalam aliran darah dan menyedot kalsium dalam tubuh.
  • Hindari sayuran dan buah yang mengandung kalium tinggi seperti apel, alpukat, jeruk, pisang, anggur, kubis, buncis, kembang kol, seledri, stroberi, pepaya dan daun pepaya.
  • Hindari juga olahan makanan dengan kandungan garam yang banyak seperti makanan beku, sup kalengan, makanan cepat saji, camilan asin dan sayuran dalam kaleng. Terlebih makanan cepat saji dan makanan yang di awetkan sangat tidak dianjurkan bagi penerita penyakit ginjal, karena dalam makanan yang di awetkan mengandung sodium dan potasium. Pengawet tersebut akan menjadi racun yang ampuh untuk memperparah kondisi ginjal yang sudah tidak sehat.
  • Hindari konsumsi makanan yang mengandung zat fosfor seperti selai kacang, jenis kacang-kacangan, kacang kering, susu dan keju.

Apabila Anda tetap bandel tetap mengkonsumsi makanan yang harus dihindari tersebut tentunya akan berdampak negatif bagi kesehatan ginjal Anda. Anda juga di anjurkan untuk berkonsultasi dulu ke dokter Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang harus Anda hindari, karena setiap pasien penyakit ginjal memiliki pantangan yang berbeda-beda.

Itulah sedikit ulasan mengenai ‘pantangan makanan bagi penderita penyakit ginjal kronis‘. Semoga dengan adanya informasi mengenai pantangan makanan ini dapat membantu Anda untuk menjaga agar ginjal Anda tetap sehat dan lebih baik.

Berita Terkait :

‘Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Kronis’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *