Pantangan Makanan Bagi Penderita Kurang Darah ( Anemia )

apotek45.com – Selain pengobatan yang tepat, anemia atau kurang darah juga bisa cepat diatasi dengan memperhatikan pola makan atau asupan makanan Anda.

Terkadang, makanan yang kita anggap sehat dan baik untuk tubuh belum tentu bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit Anda malah menjadi boomerang bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, admin akan membagi beberapa makanan yang di pantang penderita kurang darah.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kurang Darah ( Anemia )Pantangan Makanan Penderita Kurang Darah

Hindari Makanan yang mengandung kalsium

Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab anemia. Oleh karena itu Anda disarankan untuk tidak memakan makanan yang mengandung kalsium.

Ini karena, kalsium dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga dapat memperburuk kondisi anemia. Contoh makanan/minuman yang mengandung kalsium : susu dan berbagai produk susu seperti keju, yoghurt, kacang-kacangan.

Makanan yang mengandung gluten

Pada beberapa orang, gluten dapat membuat kerusakan pada dinding usus. Zat ini juga dapat mencegah penyerapan zat besi dan asam folat yang mana keduanya dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. Gluten bisa ditemukan dalam pasta dan produk gandum.

Makanan yang kaya akan tanin

Makanan yang kaya akan tanin seperti teh hitam, teh hijau, kopi anggur dan juga jagung manis harus dihindari.

Makanan asam oksalat

Makanan dengan kandungan asam oksalat seperti kacang tanah, bayam, coklat dan peterseli juga ternyata dapat mengganggu penyerapan zat besi. Oleh karena itu sebaiknya Anda penderita anemia hindari atau kurangi jenis makanan ini.

Makanan kaya fitat

Makanan yang kaya fitat biasanya dijumpai pada kacang-kacangan, beras merah, dan gandum-ganduman. Sebaiknya Anda hindari terlebih dulu jenis makanan ini jika enggan anemia Anda lama-lama menyernag tubuh Anda.

Itulah informasi mengenai pantangan makanan bagi Anda penderita anemia yang sebaiknya dikurangi. Untuk membantu pemulihan penyakit lebih cepat, istirahat cukup dan konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari.

Posted by : http://apotek45.com/

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kurang Darah ( Anemia )

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *