Apa Pantangan dan Anjuran Makanan Bagi Penderita Radang Telinga Tengah

Apakah ada pantangan dan anjuran makanan bagi penderita penyakit radang telinga tengah (otitis media)?

Umumnya keluhan sakit telinga akibat infeksi (otitis) lebih sering dipicu atau diperparah oleh kebiasaan seperti mengorek-ngorek telinga, berenang terlalu sering dan lama, hingga mengakibatkan infeksi saluran napas ( batuk, pilek dan sebagainya ).

Apa Pantangan dan Anjuran Makanan Bagi Penderita Radang Telinga Tengah

Sedangkan untuk makanannya sendiri Sebenarnya tidak ada yang khusus dimakan dan harus dihindari oleh penderita penyakit radang telinga tengah, kecuali jika ada makanan tertentu yang sering menyebabkan alergi.

Baca : Peradangan telinga tengah bisa menyebabkan ketulian

Pertimbangan nutrisi bagi Anda penderita otitis media sebenarnya tidak terlalu banyak. Namun berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, meliputi:

  • Hindari makanan yang mencetuskan alergi

Sekitar 40 persen kasus radang telinga yang bersifat kronis atau bahkan sering berulang sering dihubungkan dengan faktor makanan dan lingkungan seperti makanan yang menyebabkan alergi pada individu tersebut.

Jadi, jika Anda memililiki alergi terhadap jenis makanan tertentu memang ada baiknya dihindari untuk mengonsumsinya.

Makanan apa yang dapat menyebabkan alergi sebenarnya Anda sendiri yang mengetahuinya, jadi amati setiap makanan apa yang bisa mencetuskan alergi pada diri Anda, lalu hindari makanan tersebut.

  • Konsumsi makanan yang bergizi

Beberapa orang dengan radang telinga umumnya kurang kadar antioksidan seperti zink dan rendahnya kadar bersi dalam darah, sehingga perlu pemberian makanan yang mengandung zat-zat tersebut, misalnya seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan lainnya. Atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemennya.

⇒ Rekomendasi Suplemen Herbal Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dari Serangan Infeksi Sekaligus Mengobati Radang Telinga Tengah (Otitis Media) , QnC Jelly Gamat ( QJU )

Jadi pada intinya, Anda bisa mengkonsumsi makanan apa saja sepanjang tidak menimbulkan alergi, dan yang penting makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan dan nilai gizi yang cukup serta seimbang.

Sumber : mediskus.com

Demikian informasi mengenai apa pantangan dan anjuran makanan radang telinga tengah (otitis media). Semoga bermanfaat dan menjawab semua keingin tahuan Anda .

Apa Pantangan dan Anjuran Makanan Bagi Penderita Radang Telinga Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *