Pantangan Bagi Penderita Penyakit Tbc

      No Comments on Pantangan Bagi Penderita Penyakit Tbc

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Tbc

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Tbc – Selamat datang di apotek45.com, setelah sebelumnya admin membahas mengenai gejala awal tbc pada anak kali ini admin akan membahas mengenai pantangan apa saja yang harus di hindari oleh Anda para penderita penyakit tbc. Ini penting bagi Anda, karena sedikit saja salah asupan makanan akan semakin memperburuk kondisi penyakit Anda.

Penderita tbc (tuberkulosis) biasanya memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan kurangnya asupan protein dalam makanan yang berefek buruk bagi tubuh, terutama dlaam upaya memerangi penyakit. Risiko dan gejala tbc dapat Anda kurangi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B, zat besi, antiokisdan dan menjuhi makanan olahan seperti gula dan roti putih. Dengan pengobatan dan suplemen gizi yang tepat, Anda dapat hidup normal dengan berat badan ideal, dan tentunya akan terhindari dari penyakit menular seperti tbc ini.

Berikut ini pantangan makanan yang harus dihindari oleh Anda penderita tbc, seperti dikutip dari health.detik.com, yakni:

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Tbc

  • Gula halus dan gula hasil olahan, misalnya roti putih, gula putih, seral dan makanan manis seperti kue dan puding.
  • Saus yang kaya akan natrium dan gula juga harus Anda hindari. Saus apel atau saus cranbery bisa dijadikan alternatifnya.
  • Te kental dan kopi yang mengandung banyak kafein juga harus di hindari oleh Anda, karena kafein merupakan stimulan tbc. Tapi menurut University of Maryland Center mengungkapkan bahwa teh hijau yang bebas kafein dapat diminum bersamaan dengan penogbatan tbc karena mengandung antioksidan.
  • Acar yang kaya akan kandungan natrium. Asupan natrium harus dibatasi oleh Anda penderita tbc, jadi sebaiknya acarpun harus dihindari oleh Anda. Karena 1-2 ons acar mengandung 850 mg natrium.
  • Minuman beralkohol juga harus dihindari oleh Anda penderita tbc selama masa pengobatan karena alkohol diketahui dapat memperparah kondisi tubuh Anda.

Dan ini dia panduan makanan seimbang yang dianjurkan bagi Anda penderita tbc :

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Tbc

  • Buah dan sayuran segar. Mengkonsumsi buah dan sayuran segar setiap hari dalam jumlah kalori yang direkomendasikan dokter merupakan salah satu cara untuk menyehatkan tubuh Anda. Pilih sayuran yang berbeda dari brbagai jenis seperti sayuran dengan warna hijau tua, sayuran berwarna oranye, kacang dan lainnya.
  • Susu. Setidaknya Anda mengkonsumsi susu 3 kali sehari, karena kalsium dalam susus sangat penting dalam membangun kesehatan tulang pasien tbc.
  • Daging. Pilihlah daging tanpa lemak atau dengan rendah lemak. Menjaga asupan total lemak dan minyak antara 25-30 persen kalori harian penting rasanya. Sebagian besar lemak juga harus berasal dari lemak tak jenush ganda dan tak jenuh tunggal yang biasanya ditemukan dalam makanan seperti ikan, kacang-kacangan dan minyak sayur.
  • Makanan yang kaya akan protein seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Makanan ringan atau camilan. Makanlah makanan ringan atau kecil sepanjang hari dengan rentang dikala yang singkat. Pastikan supaya badan mendapat cukup asupan cairan dan garam dalam makanan. Makanan untuk penderita tbc mesti sederhana dan mudah untuk dicerna. Makanan yang lebih berat akan diberikan jika Anda sudah dalam keadaan atau kondisi membaik.

Nah, itulah informasi mengenai pantangan bagi penderita penyakit tbc beserta anjuran makanannya. Tidak hanya asupan makanan yang harus Anda perhatikan dan jalani, ada baiknya ANda menambahkan suplemen atau vitamin yang memang tidak menimbulkan efek samping dan terbuat dari bahan-bahan alami untuk menstabilkan kondisi Anda.

Solusi herbal untuk penyakit tbc >> Klik Disini!

Posted by : Pantangan Bagi Penderita Penyakit Tbc

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *