Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

      No Comments on Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi – Sebenarnya tidak ada yang namanya penyakit kolesterol. Hanya saja bila kadar kolesterol dalam tubuh tinggi dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Memang benar bahwa penyakit kolesterol tinggi sangat berbahaya dan bisa mengancam jiwa. Namun, itu terjadi jika kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda adalah kolesterol jahat. Jadi, sebenarnya ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).

Kolesterol bisa menyerang siapa saja, baik itu anak muda atau lansia. Kolesterol tinggi biasanya menyerang mereka yang memiliki pla hidup yang buruk seperti jarang berolahraga dan sering mengkonsumsi makanan cepat saji merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Pantangan bagi penderita kolesterol tinggi

Nah, bagi Anda yang kini tengah mengalami kolesterol tinggi ada beberapa pantangan yang memang harus dihindari guna menurunkan kolesterol dan dalam rangka menyeimbangkan kadar kolesterol agar tetap stabil. Berikut daftar pantangan yang harus Anda hindari para penderita kolesterol :

1. Dari segi makanan

  • Daging unggas. Daging unggas meliputi daging ayam, bebek, itik, angsa dan lain sebagainya. Daging unggas tidak boleh dikonsumsi oleh Anda penderita kolesterol, terutama kulit dagingnya.

Mengonsumsi daging unggas beserta kulitnya yang memiliki kandungan lemak 3 kali lipat lebih banyak dibanding dnegan mengonsumsi dagingnya saja. Namun, sesekali penderita kolesterol dapat mengonsumsi daging unggas dengan syarat tidak mengonsumsi dengan kulitnya dan dalam porsi yang berlebihan.

  • Makanan olahan daging. Makanan dengan olahan daging sebagian besar mengandung lemak tinggi untuk penambah rasa gurih dan lezat. Salah satu contoh makanan olahan daging yang tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol adalah sosis.

Baik itu sosis ayam ataupun sapi. Semuanya dibuat menggunakan daging beserta lemaknya.

  • Makanan dengan lemak tinggi. Seperti santan, susu sapi full cream, kerang putih, kopi yang ditambah creamer, coklan, dan margarin/mentega.
  • Berbagai macam jeroan. Jeroan masih menjadi panganan yang gemar dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Padahal jenis makanan ini sama sekali tidak sehat.

Jeroan memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, sehingga jeroan tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan, terutama bagi Anda penderita kolesterol tinggi. Apapun bagian jeroan, baik jeroan sapi, ataupun jeroan lainnya merupakan jenis makanan yang harus dihindari Anda.

2. Dari segi aktivitas fisik

Selain dari segi makanan, penderita kolesterol tinggi juga tidak boleh melakukan aktivitas terlalu berat. Aktivitas berat akan mengakibatkan beberapa efek negatif yang dikatakan cukup serius.Berikut ini efek negatif bila Anda melakukan aktivitas terlalu berat:

  • Membebani kinerja jantung. Tanpa aktivitas berat sebenarnya jantung penderita kolesterol sudah bekerja sangat berat, jika dipaksakan bisa terjadi serangan jantung koroner.
  • Pembuluh darah pecah.

Selain list pantangan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol, admin juga akan membagi daftar makanan sehat yang aman bagi penderita kolesterol, yakni:

Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

  • Makanan yang mengandung kacang kedelai. Makanan dengan kadnungan kedelai seperti puding kedelai tanpa gula, soya (susu kedelai), kacang edamame dan tahu yang mengandung protein yang dapat mengurangi lemak darah.
  • Buah dan sayuran. Buah dan sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh dan rendah. Jika Anda menonsumsinya lebih banyak Anda akan lebih merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh.

Buah dan sayur yang kaya akan serat seperti brokoli, apel, pir, ubi, stroberi, alpukat, dan terong di percaya dapat membantu menurunkan kolesterol.

  • Kacang-kacangan. Kacang bisa mengurangi koelsterol dalam darah karena kaya akan kandungan protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat dan kalium.

Anda juga bisa menurunkan kolesterol Anda sebanyak 5% jika menonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan perharinya.

  • Ikan dan asam lemak omega 3. Ikan seperti salmon, tuna, sarden dan makarel mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega 3 memang tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol (LDL) darah, namun dapat menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah.

Omega 3 juga mampu mengurangi kemungkinan munculnya serangan detak jantung tidak beraturan serta mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

Perlu diperhatikan bahwa tiap makanan tersebut dapat memberikan manfaat tersendiri, namun perubahan gaya hidup juga berpengaruh dalam menurunkan kolesterol tinggi. Selain mengubah menu makanan, kolesterol tinggi juga dapat turun jika dibarengi dengan olahraga rutin, menjaga berat badan ideal dan stop merokok.

Namun, jika Anda sudah menjalani hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga tetapi kolesterol Anda masih saja tinggi, cobalah konsultasikan ke dokter dan bila perlu konsumsi ramuan herbal yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dengan aman.

Solusi menurunkan kolesterol tinggi secara alami, aman dan tanpa efek samping, KLIK DI SINI!

Posted by : Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi on apotek45.com

Berita terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *