Olahraga Tepat untuk Mencegah Osteoporosis (Tulang Keropos) Di Masa Tua

Olahraga yang Tepat untuk Mencegah Osteoporosis (Tulang Keropos) Di Masa Tua

Inilah olahraga yang tepat untuk mencegah osteoporosis (tulang keropos) – Menikmati masa tua dengan tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit merupakan impian semua orang, termasuk Anda bukan?

Untuk itu, yuk, lakukan olahraga sejak dini untuk menikmati masa tua tanpa osteoporosis!

Olahraga Tepat untuk Mencegah Osteoporosis (Tulang Keropos) Di Masa Tua

Mengingat penderita penyakit osteoporosis memiliki keluhan penurunan massa tulang yang membuat tulang menjadi tipis, rapuh dan mudah patah, Anda yang sudah menderita osteoporosis harus jeli memilih olahraga yang tepat. karena kondisi tulang yang sudah rentan.

Dikutip dari beberapa artikel kesehatan ternama, Dokter Spesialis Olahraga Andi Kurniawan mengatakan ada senam khusus bagi penderita osteoporosis yang ditujukan untuk melaith individu agar tidak mudah jatuh.

Olahraga bagi penderita osteoporosis menurut dia, meliputi latihan keseimbangan, latihan beban dan aerobik untuk menguatkan tulang, otot dan sendi.

Beberapa olahraga yang tepat untuk mencegah osteoporosis

Osteoporosis pada dasarnya dapat dicegah sedari dini, karena kepadatan tulang maksimum akan tercapai pada usia 20-30 tahun. Setelah itu, kepadatan tulang akan berangsur-angsur berkurang.

Hilangnya kepadatan tulang akan semakin cepat ketika Anda (terutama wanita) yang telah mengalami menopause. Ini karena kadar estrogen dalam tubuh wanita menurun drastis, sehingga tulang cepat keropos.

Lantas, olahraga seperti apa yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoporosis?

Untuk anak-anak dan remaja

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mulai bermain tenis secara rutin sebelum puber mengalami kepadatan tulang sebanyak 20%.

Di sisi lein, anak yang mulai bermain tenis secara rutin setelah puber hanya mengalami peningkatan kepadatan tulang sebanyak 10%.

Jadi, biarkan anak memilih aktivitas dan olahraga yang disukai. Lakukan olahraga ini secara teratur karena semakin dini anak memulai, peningkatan kepadatan tulang akan semakin besar.

Untuk orang dewasa

Pada dasarnya olahraga mencegah osteoporosis yang dilakukan pada orang dewasa bertujuan untuk membentuk dan menjaga kepadatan tulang.

American Collage Sports of Medicine Resource Manual merekomendasikan olahraga weight-bearing dan latihan kekuatan otot seperti angkat beba, dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Untuk lanjut usia

Selain menjaga kepadatan tulang, olahraga pada orang dengan usia lanjut juga bertujuan untuk melatih dan menjaga keseimbangan tubuh.

Olahraga yang baik untuk orang lanjut usia adalah yang memiliki kombinasi antara intensitas sedang dan tinggi, terutama yang memiliki fokus pada tubuh bagian bawah dan keseimbangan. Salah satu contoh adalah Tai Chi.

Baca juga : Obat tradisional cedera saraf tulang belakang

Bagi Anda yang sudah terdiagnosis osteoporosis, American Collage Sports of Medicine Resource merekomendasikan satu sampai tiga set yang berisi 5-8 kali pengulangan dari 4-6 macam latihan wight-bearing yang dilakukan dalam 2-3 hari dalam seminggu.

Namun hindari olahraga yang gerakannya dapat membahayakan tulang punggung Anda.

Selain olahraga, Anda juga diharuskan untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi nutrisi dalam jumlah cukup, serta minum susu secara teratur.

Itulah olahraga yang tepat dan dianjurkan untuk mencegah osteoporosis atau keropos tulang di masa tua.

Dengan latihan-latihan olahraga sejak muda, Anda akan mengurangi risiko dan bahkan terhindar dari osteoporosis.

Sumber : kompas , republika

Rekomendasi Pencegahan dan Pengobatan Tulang Keropos Herbal, Aman untuk Semua Usia

Poste by : Olahraga Tepat untuk Mencegah Osteoporosis (Tulang Keropos) Di Masa Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *