kesehatan

Mengetahui Faktor Risiko dan Penyebab Diabetes Gestasional Pada Masa Kehamilan

Mengetahui Faktor Risiko dan Penyebab Diabetes Gestasional Pada Masa Kehamilan

Apotek45.com – Anda ibu hamil? Perlu mengetahui akan apa itu diabetes gestasional dan beberapa faktor risiko dan penyebabnya untuk mencegah bahaya bagi kehamilan Anda!

Diabetes gestasional ialah diabetes yang dialami ibu hamil selama masa kehamilan. Seorang wanita yang mengalami diabetes gestasional akan cenderung terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Mengetahui Faktor Risiko dan Penyebab Diabetes Gestasional Pada Masa Kehamilan

Karena itulah mengapa selama masa kehamilan, Anda perlu memperhatikan porsi dan kandungan nutrisi di dalam makanan Anda. Diabetes tipe ini biasanya hadir setelah usia 28 minggu atau pada trimester ketiga.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa diabetes jenis ini bukan semata hadir karena ada riwayat diabetes di keluarga Anda. Melainkan karena selama masa kehamilan, terjadi peningkatan hormon di dalam tubuh seperti progesteron, esterogen, dan laktogen plasenta.

Peningkatan hormon-hormon ini dapat membuat insulin tidak bisa bekerja dengan baik, sehingga gula dalam darah akan meningkat.

Gula darah yang tinggi ini akan diambil oleh janin dan disimpan sebagai lemak di dalam tubuhnya. Hasilnya? Janin akan tumbuh lebih besar di atas rata-rata.

Faktor Risiko dan Penyebab Diabetes Gestasional Pada Masa Kehamilan

Diabetes gestasional tentu dapat Anda cegah, salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengenali dan menghindari hal-hal yang dapat memicu penyebabnya. Dan berikut ini adalah beberapa faktor risiko dan penyebab munculnya diabetes gestasional:

» Insulin tidak bekerja dengan baik selam masa kehamilan. Seorang wanita akan mengalami perubahan hormon yang kemudian memengaruhi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Sebenarnya ini merupakan hal yang wajar, karena gula darah akan dihantarkan pada janin agar janin dapat berkembang.

Nah, yang jadi masalah adalah ketika gula darah meningkat, seharusnya tubuh juga memproduksi lebih banyak insulin agar glukosa yang masuk ke dalam janin tidak berlebih.

Namun sayangnya, pada sebagian wanita, insulin tidak diproduksi dengan baik. Akibatnya ibu akan mengalami diabetes gestasional saat hamil, dan bayi tubuh secara tidak wajar.

» Indeks massa tubuh selama masa kehamilan. Penting bagi Anda untuk terus mengontrol berat badan dengan mengetahui indeks massa tubuh. Karena jika indeks massa tubuh Anda lebih dari 30 selama masa kehamilan, berarti Anda termasuk dalam kategori obesitas. Pada level ini, tubuh akan cenderung mengalami diabetes gestasional.

» Bayi lahir sebelum mengalami makrosomia. Yakni kondisi di mana bayi lahir dnegan berar badan 4,5 kg atau lebih. Cobalah ingat baik-baik berat anak Anda sebelumnya saat lahir. Jika beratnya 4,5 kg atau lebih, sebaiknya Anda lebih memperhatikan perkembangan janin dan apa yang Anda konsumsi.

» Riwayat diabetes gestasional. Selain terjadi karena adanya masalah pada insulin, risiko terkena diabetes gestasional juga akan meningkat jika pada kehamilan sebelumnya Anda mengalami hal yangs ama. Jadi, jika Anda pernah mengalami kondisi ini sebelumnya, cobalah untuk lebih berhati-hati pada kehamilan berikutnya.

Sumber : alodokter.com

Nah, itulah sedikit informasi mengenai risiko dan penyebab diabetes gestasional pada masa kehamilan yang harus Anda perhatikan. Ingat untuk para bunda, tidak selamanya bayi yang terlahir chubby itu lucu. Jadi hindarilah pemikiran bahwa selama masa kehamilan Anda memerlukan makan jauh lebih banyak dibanding sebelumnya.

Daripada memperbanyak porsinya, lebih baik Anda memperkaya nutrisinya jika Anda tidak ingin membahayakan janin Anda.

⇒ Rekomendasi pencegahan, dan pengobatan diabetes gestasional dengan Obat tradisional diabetes gestasional yang aman bagi ibu hamil – 100% herbal bebas bahan kimia berbahaya!

Mengetahui Faktor Risiko dan Penyebab Diabetes Gestasional Pada Masa Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *