Mengapa Perut Terasa Perih dan Panas Seperti Terbakar?

apotek45.com – Pernah mengalami perut terasa perih dan panas seperti terbakar? Jika ya, itu berarti Anda sedang mengalami masalah pencernaan.

Ada banyak yang menjadi penyebab terjadinya rasa perih dan panas di perut, diantaranya karena penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease – GERD), gastritis atau karena alergi makanan. Disamping itu, ada juga rasa sakit di perut yang tidak diketahui pasti apa penyebabnya atau biasanya dinamakan dispepsia.Mengapa Perut Terasa Perih dan Panas Seperti Terbakar?

Untuk menangani perut terasa perih dan panas Anda harus mengenali terlebih dulu apa yang menjadi penyebabnya agar tidak salah dalam mengambil pengobatannya.

Selain beberapa penyakit di atas faktor penyebab terbanyak perut terasa panas dan perih seperti terbakar adalah karena refluks asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Refluks dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan, sehingga terasa seperti ada yang mengganjal pada tenggorokan, suara serak dan radang tenggorokan.

Selain itu, pola makan dan stres juga dapat memicu gangguan pencernaan dan berujung pada gejala perut yang terasa panas.

Ketika stres, kerja pencernaan jadi melambat. Akibatnya, orang yang stres memiliki peluang besar mengalami refluks asam lambung, sehingga menimbulkan rasa mual dan perut terasa panas.

Cara Menangani Rasa Nyeri atau Sensasi Terbakar Dalam Perut

Berikut ini ada beberapa tips yang dikutip dari alodokter.com untuk membantu meringankan rasa perih atau panas di perut :

  1. Gaya hidup sehat seperti menurunkan berat badang jika penderita memiliki berat badan berlebih (gemuk), berhenti merokok, batasi konsumsi alkohol, dan lakukan olahraga tertur dapat memperbaiki kesehatan pencernaan Anda.
  2. Pola makan sehat dan bersih, seperti menghindari makanan pedas, asam, makanan berbahan tomat, bawang, mint, kopi dan coklat. Penderita disarankan untuk memakan kudapan hambar seperti nasi, jagung atau biskuit.
  3. Manajemen stres, Anda bisa memulainya dengan selalu berfikir positif dan melatih pernafasan. Ketika panik atau stres, ambil nafas dalam-dalam dan keluarkan pelan. Teknik yoga, meditasi dan berdoa juga dipercaya ampuh untuk mengurangi stres.
  4. Obat-obatan seperti antasida dapat menetralkan sifat asam dari cairan lambung. Bila dengan obat ini tidak mempan juga, dokter biasanya akan memberikan obat yan mempengaruhi pabrik penghasil asam lambung sehingga jumlah asam salmbung yang diproduksi berkurang.
    Dokter juga akan meresepkan antibiotik jika penyebab sakitnya karena infeksi bakteri.

Nah, itulah informasi mengenai mengapa perut terasa perih dan panas seperti terbakar beserta pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami kondisi perut terasa panas.

Namun, jika dengan setelah mengkonsumsi obat dokter tak juga ada hasilnya, tak ada salahnya untuk mencoba beralih ke pengobatan herbal. Karena selain aman bagi lambung dan organ lainnya, pengobatan herbal tidak akan menimbulkan efek samping pasca konsumsi.

Gastric Healt Tablet >> Pengobatan Herbal Untuk Bantu Atasi Masalah Di Lambung

Mengapa Perut Terasa Perih dan Panas Seperti Terbakar?Informasi lengkap?

>> Klik Di Sini <<

Posted by : http://apotek45.com/

Mengapa Perut Terasa Perih dan Panas Seperti Terbakar?

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *