Manfaat Melakukan Aktivitas Saat Puasa Bagi Lambung

apotek45.com – Berpuasa bukan alasan untuk bermalas-malasan, seperti tidur sepanjang hari tanpa melakukan aktivitas apapun, bangun-bangun sejam lagi menuju adzan magrib. Hindari hal tersebut! karena selain akan mengganggu amalan ibadah puasa Anda, tidur berlebihan selama puasa juga akan mengganggu kesehatan Anda.

Manfaat Melakukan Aktivitas Saat Puasa Bagi LambungLakukan aktivitas seperti biasanya, karena tidur setelah sahur atau pada siang hari kurang baik bagi lambung terutama bagi lambung yang sedang mengalami peradangan. Tidur pada saat-saat ini akan menyebabkan peningkatan gerak saluran cerna sehingga pengosongan lambung lebih cepat, pengeluaran asam lambung juga lebih meningkat.

Hal ini diakibatkan pada saat tidur keluaran hormone non katekolamin meningkat. Hormon ini dapat meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak usus, sebagai akibatnya ketika Anda terbangun dari tidur perut akan menjadi terasa lebih lapar.

Yuk lakukan aktivitas apapun saat puasa, jangan hanya berbaring di atas tempat tidur!

Tahukah Anda? Jika seseorang terjaga apalagi beraktivitas, maka otak akan merangsang keluaran hormone katekolamin. Hormon ini mempunyai efek mengurangi keluaran asam lambung dan enzim pencernaan, mengurangi gerak usus, serta menghancurkan simpanan gula dan lemak yang ada dalam tubuh.

Berikut manfaat melakukan aktivitas saat puasa bagi lambung :

  • Sekresi asam lambung yang menurun dapat mengurangi rangsangan perlukaan ke dinding lambung, kondisi ini sangat menguntungkan bagi penderita radang lambung, baik yang akut atau kronis.
  • Mengurangi gerak usus akan meningkatkan waktu cerna bagi lambung dan usus. Kondisi ini bermanfaat dalam menurunkan kerja lambung, makanan akan lebih tercerna sehingga lebih banyak zat gizi yang bisa diserap.
    Gerak lambung yang melambat juga akan mengurangi rangsangan pada area lambung yang mengalami radang (luka).
  • Menghancurkan deposit lemak, Penting bagi orang yang mengalami kegemukan, sehingga bagi Anda yang ingin memliki tubuh ideal sebenarnya tindakan puasa merupakan cara yang efektif dan efisien dalam upaya menguragi berat badan.
  • Hormon katekolamin menekan keluaran insulin dan meningkatkan penghancuran deposit gula, akibatnya pankreas dapat memproduksi insulin lebih matang. Insulin yang matang efektif dalam memfasilitasi kadar gula agar tetap normal.

Jadi, masih mau bermalas-malasan? Sebaiknya tidak ya, karena seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa puasa bukan suatu halangan untuk melakukan aktivitas, terutama bagi Anda yang memiliki gangguan lambung. Justru berpuasa dengan melakukan aktivitas selain dapat pahala berlipat juga akan lebih membantu menyehatkan lambung Anda.

Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat artikelnya.

Gastric Health Tablet >>> Ahlinya Penyakit Lambung!

Posted by : http://apotek45.com/

Manfaat Melakukan Aktivitas Saat Puasa Bagi Lambung

Artikel menarik lainnya :

2 thoughts on “Manfaat Melakukan Aktivitas Saat Puasa Bagi Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *