kesehatan

Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Atasi Demam Berdarah

Manfaat buah jambu biji merah untuk atas demam berdarah – Ketika mendengar keluarga, sahabat, atau tetangga mengalami demam berdarah, salah satu obat alternatif untuk mengatasi demam berdarah yang terlintas di fikiran Anda salah satunya mungkin jambu biji. Bukan begitu?

Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Atasi Demam Berdarah

Namun, apakah benar bahwa jambu biji bisa menjadi obat untuk penyakit demam berdarah? Mari kita cari tahu penjelasannya.

Khasiat dan Manfaat buah jambu biji merah untuk mengatasi demam berdarah

Secara klinis, sudah terbukti bahwa buah jambu biji atau dengan nama latin Psidium Guajava ini sarat akan betakaroten, kandungan vitamin A, C , mineral dan zat-zat lain yang diperlukan tubuh.

Bahkan, kandungan vitamin C dari jambu biji enam kali lebih besar ketimbang jeruk. Kandungan tersebut sangatlah diperlukan untuk penderita penyakit demam berdarah yang mengalami kekurangan plasma darah akibat penurunan trombosit.

Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu biji sanggup memenuhi kebutuhan harian anak berusia 13 – 20 tahun yang mencapai 80 – 100 mg perhari, serta orang dewawa yang mencapai 70 -75 mg per hari.

Buah jambu biji juga kaya akan fiber yang dipercaya dapat membantu mencegah kanker saluran cerna dan menurunkan kolesterol.

Tak hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk penyembuhan demam berdarah. Dilansir dari situs Detikcom, daun jambu biji juga berperan dalam mencegah penyakit demam berdarah.

Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Darmasi Universitas Airlangga, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Menurut ketiga lembaga tersebut, daun jambu biji mampu meningkatkan trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping.

Hal ini tentu menjadi sebuah kabar baik bagi pengobatan DBD, mengingat sampai saat ini memang belum ditemukan obat spesifik demam berdarah. Pola pengobatan terhadap penyakit demam berdarah selama ini hanya bersifat sebagai pendukung. Maka dari itu diharapkan ekstrak daun jambu biji dapat dijadikan sebagai obat antivirus dengue.

Yuk, Kita Buat Sendiri Ramuan Herbal Dari Buah dan Daun Jambu Biji Untuk Mencegah dan Mengobati Demam Berdarah

Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Atasi Demam BerdarahRamuan Pertama, dengan Buah Jambu Biji

  • Siapkan 3 buah jambu biji matang dan mengkal, lalu cuci bersih.
  • Blender hingga halus, lalu saring sehingga diperoleh jus jambu biji.
  • Minum 3 kali sehari sampai DBD sembuh, atau langsung di makan bersama kulitnya juga efektif lho untuk mengatasi DBD.

Namun, biji buah jangan ikut dimakan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan usus buntu.

Baca juga : 7 buah yang baik untuk atasi anemia ( kurang darah )

Ramuan Kedua, dengan Daun Jambu Biji

  • Siapkan 1kg daun jambu biji segar, lalu cuci sampai bersih dan rajang.
  • Blender potongan daun dengan air secukupnya sampai halus.
  • Lalu saring, dan endapkan sehingga ekstrak daun terpisah dengan air.
  • Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.

Cara pemakaian:

  1. Masukan ekstrak kedalam kapsul, lalu minum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.
  2. Minum ekstrak daun bersama sirup jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk setengah liter sirup yang diencerkan. Minum secara teratur sampai Anda benar-benar sembuh.

Setelah Anda sembuh dari penyakit demam berdarah tersebut, Anda juga dapat mengonsumsi jus atau buah jambu bijinya langsung untuk memelihara kondisi tubuh agar tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dan aktivitas lainnya dengan baik.

Karena nutrisi tepat dan seimbang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan fit.

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat buah jambu biji merah untuk atasi demam berdarah yang telah kami rangkum dari beberapa artikel kesehatan terpercaya. Semoga bermanfaat dan membantu, salam sehat.

Manfaat Buah Jambu Biji Merah Untuk Atasi Demam Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *