Makanan Yang Di Pantang Bagi Penderita Kanker Prostat

Makanan Yang Di Pantang Bagi Penderita Kanker Prostatapotek45.com – Setelah dalam artikel sebelumnya admin membahas mengenai cara menjaga/merawat kesehatan prostat agar terhindar dari kanker, pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai pantangan makanan yang harus dihindari Anda penderita kanker prostat.

Mengingat prostat merupakan salah satu organ terpenting yang dimiliki pria, jadi asupan makanannya juga harus yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik agar kondisi penyakit tidak semakin parah. Maka dari itu, penting rasanya mengetahui apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita kanker prostat.

Berikut ini beberapa diantara pantangannya :

Daging merah

Daging merah mengandung substansial lemak jenuh berlebih dari sumber protein tanpa lemak seperti ikan, dada ayam dan kacang-kacangan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa daging merah dan olahan seperti daging sapi, daging babgi, hot dog, sosis dan makanan berbhaan daging lainnya memiliki risiko peningkatan kanker prostat.

Baca : Obat Tradisional Kanker Prostat

Susu

Susu yang tinggi akan lemah jenuh juga memiliki risiko peningkatan kanker prostat dan konsekuansi fatal penyakit.

Makanan Yang Di Pantang Bagi Penderita Kanker ProstatMenurut penelitian yang dipublikasikan dalam “International Journal of Cancer” pada februari 2007 mengungkapkan, produk susu pada umumnya dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Peneliti menganalisis, kalsium dan asupan susu dalam hubungannya dengan risiko kanker prostat pada 29.133 perokok laki-laki usia 50-69. Setelah 17 tahun follow-up dan analisis, mereka menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi susu dan kalsium yang kaya diet lebih mungkin untuk mengembangkan kanker prostat dibanding pria yang tidak konsumsi susu.

Jadi, sebaiknya Anda membatasi konsumsi produk susu agar dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat.

Alkohol

Penelitian awal menunjukkan bahwa alkohol dapat membahayakan pankreas. Dengan menggunakan data lebih dari 10.000 orang yang berpartisipasi dalam kanker prostat, peneliti menemukan bahwa peminum alkohol berat >50 g/hari dan peminum berat biasa >4minuman/hari di >5hari/minggu, dua kali lebih mungkin terdiagnosis kanker prostat dibanding dengan peminum moderat.

Lemak jenuh

Lemak jenuh bisa ditemukan di dalam daging, susu, salah dresing, makanan yang dipanggang dan makanan olahan.

Penelitian menemukan bahwa pria yang makan lebih banyak lemak jenuh lebih mungkin untuk memliki peningkatan kadar PSA setelah operasi prostat dibanding mereka yang terjebak untuk diet rendah lemak.

Peningkatan PSA pasca operasi dapat menjadi indikasi bahwa kanker telah kembali.

Anda bisa mengganti lemak jenus dengan monounsaturated dan polyunsaturated sehat lemak yang ditemukan dalam makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji dan minyak canola.

Garam dan gula

Garam memang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh, namun bila mengkonsumsi garam berlebih dapat meningkatkan tekaan darah dan memicu kembung. Sebaiknya Anda membatasi makanan manis dan asin, dan menggantinya dengan asupan buah-buahan dan sayuran untuk membantu melindungi tubuh Anda dari kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Makanan yang tinggi akan kandungan garamnya seperti keripik kentang, kerupuk, kentang goreng, sup kalengan, makanan beku, daging olahan dan keju.

Beberapa makanan manis seperti minuman ringan, permen, coklat, susu, sirup, jelly, selai, frosting, makanan penutup beku, dan kue juga sebaiknya harus dibatasi jika Anda tidak ingin penyakit kanker tersebut semakin buruk kondisinya.

Itulah informasi mengenai apa yang menjadi pantangan yang harus dihindari oleh Anda penderita kanker prostat agar si kanker tidak mengganas dan parah kondisinya. Sampai jumpa di artikel berikutnya 🙂

Posted by : http://apotek45.com/

Makanan Yang Di Pantang Bagi Penderita Kanker Prostat

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *