Daftar Makanan Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit

apotek45.com – Susah buang air besar (BAB) atau sembelit / konstipasi merupakan masalah umum yang sering terjadi di masyarakat. Sebagian orang mungkin menganggap masalah ini bukanlah masalah serius dan besar yang harus segera di atasi.

Padahal, jika hal ini terus-menerus terjadi bisa berkembang menjadi penyakit pencernaan yang lebih serius yang tentunya membahayakan kesehatan.

Daftar Makanan Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui apa yang menjadi penyebab/gejala sembelit/konstipasi ini dan mengatahui apa saja asupan makanan yang baik guna mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan ini. Karena diketahui bahwa salah satu penyebab sembelit terjadi karena pola makan/diet yang salah sehingga tubuh kekurangan serat/fiber.

Makanan Terbaik Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit / Susah BAB / Konstipasi

Nah, beberapa daftar makanan ini dapat memenuhi asupan serat bagi pencernaan Anda karena mengandung serta tinggi yang dapat membantu mengatasi sekaligus mencegah masalah sembalit secara alami.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Camilan sehat jenis kacang dan biji-bijian diketahui merupakan sumber serat yang sangat baik, terlebih makanan jenis ini lebih mudah ditemukan karena sering dijadikan bahan dalam sayur seperti kacang merah, kacang panjang, dll.

Selain untuk sayuran, kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, kacang mente, kacang polong, dll juga baik bila dijadikan sebagai camilan sehat untuk membantu mencegah dan mengatasi sembelit.

Ubi jalar

Salah satu makanan khas seperti ubi jalar ini juga baik untuk membantu masalah pencernaan Anda, karena umbi-umbian jenis ini mengandung serat tinggi, beta karotin dan vitamin A yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Anda bisa mengkonsumsi ubi ini dengan cara direbus, bakar atau dikonsum bersama kulitnya juga bisa mendapatkan manfaat dari umbi-umbian ini.

Daftar Makanan Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit Aneka berry

Buah-buahan jenis beru umumnya merupakan sumber serta yang baik, termasuk stowberry, blueberry, blackberry, raspberry dan mulberry. Semuanya mengandung serta tinggi dan renah kalori sehingga cocok dikonsumsi untuk Anda yang bermaslah dengan pencernaannya.

Aneka buah

Mengkonsumsi beberapa buah-buahan seperti apel dan pir juga dapat memberi manfaat bagi tubuh Anda. Anda bisa memakan buah jenis ini tanpa mengelupas kulitnya atau dimakan langsung dengan kulitnya, karena di dalam kulit buah tersebut mengandung serta yang tinggi (tentunya harus dicuci terlebih dulu ya buahnya*).

Selain kedua buah lezat tersebut, satu buah yang juga sering direkomendasikan untuk mengatasi sembelit adalah buah pepaya yang mana memiliki kandungan serat yang tinggi dan kaya akan vitamin C pula.

Air

Air merupakan nutrisi yang dapat membantu Anda melawan sembeli, karena air merupakan sumber cairan untuk usus besar dan menambah jumlah besar tinja, sehingga gerakan usus lebih lembut dan lebih mudah untuk diproses.

Usus besar membutuhkan air untuk melakukan tugasnya dengan baik, dengan begitu dehidrasi bisa menjadi penyebab utama sembelit. Untuk itu disarankan bagi Anda agar minum 8-10 gelas sehari untuk mendapatkan manfaat dari air putih.

Daftar Makanan Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit Buah-buahan kering

Sembari menemani bekerja di kantor atau beraktivitas lain di rumah, Anda bisa memilih camilan sehat seperti buah kering ini, selain enak camilan buah kering seperti kismis, aprikot, kurma, dan plum juga memiliki manfaat sebagai pencarah alami karena mengandung serat tinggi.

Roti gandum

Yup, yang terakhir adalah roti gandum. Roti gandum ini merupakan makanan rendah lemak, kadar serat tinggi dan juga karbohidarat kompleks yang dapat membantu mengurangi sembelit. Jadi ketika sarapan pagi nih, Anda bisa membuat sandwich dengan menggunakan roti gandum ini sebagai bekal energi.

Disamping makanan-makanan tersebut ada satu cara alami lagi yang cepat, mudah dan aman untuk membantu mengatasi sembelit yang sedang Anda alami, yaitu dengan mengkonsumsi suplemen herbal pencegah dan pelancar BAB Koloklin Capsule.

Koloklin capsule adalah produk herbal berkualitas tinggi yang diformulasikan secara khusus untuk membantu mengatasi gangguan pada pencernaan dan usus yang diciptakan dari perpaduan alami antara lidah buaya, daun lotus dan bahan herbal lainnya yang dipercaya efektif dalam mengatasi sembelit atau gangguan pencernaan lainnya.

Dapatkan Obat herbal sembelit/pelancar bab Koloklin Capsule sekarang juga. Klik di sini >> Koloklin capsule

Itulah informasi yang dapat admin bagikan untuk membantu kelancaran proses metabolisme tubuh dan menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan terbebas dari sembelit. Terimakasih sudah berkunjung, dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya ..

Posted by : http://apotek45.com/

Daftar Makanan Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Artikel kesehatan lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *