Makanan Kaya Zat Besi Untuk Meningkatkan Hemoglobin

apotek45.com – Zat besi adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh Anda karena zat besi memiliki fungsi utama sebagai komponen pembentuk Hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel tubuh.

Tak hanya itu, zat besi juga berfungsi untuk menormalkan daya tahan tubuh sehingga tidak gampang sakit.

Makanan Kaya Zat Besi Untuk Meningkatkan HemoglobinKarena fungsi yang penting itulah maka bila Anda kekurangan zat besi dapat menyebabkan terhambatnya pasokan hemoglobin dalam darah dan terjadilah penyakit anemia.

Untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi dalam tubuh, maka Anda diharuskan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam, kentang, kangkung, daging sapi dan lainnya.

Lebih lengkapnya, simak beberapa daftar makanan yang tinggi akan kandungan zat besi yang bisa Anda dapat dengan mudah :
Daging merah
Tak hanya lezat, daging merah juga ternyata tinggi akan kandungan zat besi. Dalam 100 gram daging sapi segar mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 mg zat besi serta sangat kaya akan protein.

Telur
Makanan Kaya Zat Besi Untuk Meningkatkan HemoglobinAnda bisa menjadikan telur sebagai menu sarapan sehat Anda. Telur mengandung banyak zat besi, namun belum diketahui berapa mg kandungan zat besi dalam telur, yang pasti zat besi dalam telur baik untuk awal pembentukan hemoglobin di pagi hari.

Ikan
Tak hanya mengandung omega-3 dan 6, ikan juga diketahui memiliki kandungan zat besi yang baik untuk mengatasi anemia atau kurang darah.

Sayuran berdaun gelap atau hijau
Seperti daun singkong, kangkung, bayam, sawi, jagung dan lainnya juga menjadi sumber zat besi yang dapat meningkatkan jumlah darah. Sayuran tersebut mempunyai kemampuan untuk meregenerasi zat besi serta mengaktifkan sel-sel darah merah dan memasok oksigen segar ke darah.

Buah-buahan dan kacang
Aneka buah-buahan seperti aprikot, apel, semangka, duku, manggis, salak, durian, rambutan, aneka jeruk, anggur dan kismis tak hanya dapat membantu mengalirkan sel darah merah, tapi juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Selain buah, hampir semua jenis kacang, terutama kacang almond juga mengandung zat besi yang dapat membantu mengatasi anemia.

Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat, maka Anda bisa terbebas dari yang namanya penyakit, terutama anemia. Jika Anda mengkonsumsi sumber makanan yang tinggi akan zat besi, maka makanlah bersama makanan yang mengandung banyak vitamin C karena vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi bagi tubuh Anda. Semoga bermanfaat .

Posted by : http://apotek45.com/

Makanan Kaya Zat Besi Untuk Meningkatkan Hemoglobin

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *