Ini Makanan dan Minuman Penyebab Rematik Kambuh

Ini Makanan dan Minuman Penyebab Rematik Kambuh – Penyakit rematik atau disebut juga dengan Arthritis Rheumatoid merupakan salah satu penyakit yang umum ditemui, terutama pada mereka yang sudah berusia lanjut.

Ini Makanan dan Minuman Penyebab Rematik Kambuh

Penyakit rematik umumnya menyerang persendian dan dapat kambuh seketika jika Anda mengonsumsi makanan yang dapat memicu kambuhnya rematik.

Dikutip dari beberapa artikel kesehatan, berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat memicu kambuhnya penyakit rematik, yang tentunya harus Anda hindari.

Ini Makanan dan Minuman Penyebab Rematik Kambuh

Daging merah

Daging merah mengandung fosfor yang menyebabkan kalsium pada tulang hilang, sehingga dapat menyebabkan rematik.

Selain itu, daging merah tinggi akan lemak dan kalori yang dapat memengaruhi peningkatan gejala rematik atau rheumatoid arthritis.

Gula

Ini Makanan dan Minuman Penyebab Rematik Kambuh

Makanan manis seperti kue, donat, dan makanan yang tinggi gula lainnya dapat memperburuk gejala rematik.

Selain itu, mengkonsumsi gula juga dapat menyebabkan berat badan bertambah dan menyebabkan tekanan pada sendi Anda semakin bertambah.

“Meski sampai saat ini belum ada kesepakatan bila makanan memengaruhi rematik, namun banyak dokter yang menyarankan untuk memotong asupan makanan yang memicu rheumatoid arthritis, khususnya pada pasien yang memiliki alergi makanan,” kata Clemet Michet,MD, rheumatologist and professor dari Mayo Clinic.

Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat membuat kondisi nyeri sendi Anda semakin parah. Banyak mengkonsumsi kafein juga dapat menyebabkan tubuh Anda lebih rentan terserang berbagai penyakit.

Alkohol

Alkohol memang buruk bagi kesehatan tubuh dan organnya, kandungan alkohol juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain salah satunya kambuhnya rematik Anda.

Ikan bertempurung

Ini Makanan dan Minuman Penyebab Rematik Kambuh

Ikan bertempurung seperti udang dan kepiting banyak mengandung purin yang berbahaya jika Anda (penderita rematik) memakannya. Sebaiknya hindari atau kurangi jenis seafood ini jika tidak ingin rematik Anda kambuh.

Susu

Susu mengandung banyak purin yang dapat menaikan kadar asam urat dalam tubuh Anda, sehingga rematik bisa kambuh lagi jika Anda sering mengkonsumsi minuman berwarna putih ini.

Tomat

Kandungan biji tomat dapat menyebabkan rematik dan asam urat pada sendi Anda.

Minyak sayur

Minyak sayur dari kedelai ataupun dari bunga matahari banyak mengandung lemak omega6 yang dapat menyebabkan peradangan pada sendi Anda.

Lebih baik gunakan minyak zaitun yang lebih sehat dan jelas dapat membantu meringankan rematik Anda.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang menyebabkan kambuhnya rematik. Dan untuk meringankan atau memulihkan gejala dari penyakit rematik yang sedang Anda alami, Anda dianjurkan mengkonsumsi makanan sehat untuk meringankan gejala rematik ini.

Terimakasih telah berkunjung ke halaman sederhana kami. Semoga menambah pengetahuan Anda dan selalu berhati-hati memilih makanan agar tidak memicu kambuhnya rematik lagi, dan lagi.

Ini Makanan dan Minuman Penyebab Rematik Kambuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *