Makanan dan Buah-Buahan Sehat Untuk Penderita Gastritis

apotek45.com – Gastritis atau maag merupakan penyakit asam lambung yang cukup membuat penderitanya merasakan tidak nyaman, oleh sebab itu pemilihan makanan untuk penderita maag atau gastritis harus sangat diperhatikan.

Karena jika Anda salah dalam mengkonsumsi makanan, asam lambung akan semakin meningkat dan memperparah rasa sakit dan kondisi lambung Anda.Makanan dan Buah-Buahan Sehat Untuk Penderita Gastritis

Berikut ini beberapa jenis buah, makanan dan minuman yang dapat membantu mengurangi sakit maag atau gastritis :

Kentang rebus

Ketang rebus memiliki sifat alkali sat pagi dan dapat menetralisir asam lambung sebelum makan-makanan lain. Kentang juga merupakan sumber karbohidrat yang memberi rasa kenyang dalam perut.

Bubur kentang, jus kentang dapat membantu mengurangi sakit di perut Anda akibat gastritis.

Brokoli

Brokoli merupakan sumber kalsium, sulfur dan vitamin C yang baik bagi penderita maag kronis. Sulfur merupakan prekusor gluation yang berperan sebagai antioksidan pelindung terhadap mucosa lambung.

Vitamin C berguna untuk memelihara stamina tubuh yang bisanya menurun saat sakit maag kronis. Sayuran yang tak berserat dan tidak menimbulkan gas seperti labu kuning, labu siam dan wortel juga sangat baik dikonsumsi oleh Anda penderita gastritis/maag.

Baca : Obat Tradisional Gastritis Dari Bahan Herbal Terbaik

Bubur

Makanan lunak seperti bubur ayam tentu menjadi salah satu makanan favorit yang biasa disuguhkan pada pasien maag, karena bubur berguna untuk memringankan rasa sakit.

Anda bisa menambahkan telur rebus, telur setengah matang, dengan bumbu kecap asin di tambah kerupuk kedalam menu bubur Anda.

Tapi ingat! hindari mengkonsumsi sate jeroan karena makanan tersebut sulit dicerna.

Makanan dan Buah-Buahan Sehat Untuk Penderita GastritisLidah buaya

Lidah buaya mengandung anitseptik yakni saponin yang bermanfaat untuk meredakan panas dan juga sebagai penyembuh luka. Senyawa antrakuinon dan kuinon dalam lidah buaya berkhasiat sebagai antibiotik, dan penghilang rasa sakit, sekaligus merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

Kandungan mukopolisakarida berguna untuk memulihkan radang saluran pada pencernaan.

Kol

Kol dikenal mengandung asam amino glutamin untuk meningkatkanaliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu perlindungan pada lapisan mucosa lambung dan mengobati luka pada saluran pencernaan.

Meski banyak dihindari karena mengandung gas, banyak ahli kesehatan memanfaatkan kol untuk atasi penyakit maag.

Buah-buahan

Buah-buahan juga bermanfaat untuk membantu mengurangi penumpukan zat asam di lambung. Buah seperti pisang, melon,  alpukat, semangka, jeruk, mangga, pepaya, dan tomat mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat asam) dalam lambung.

Air kelapa

Air kelapa dapat mencegah pembentukan asam ekstra di perut, air kelapa juga menjadi pelepas dahaga karena mengandung glukosa dan garam untuk pengganti ion yang hilang dalam tubuh.

Madu hitam pahit

Madu pahit menjadi bahan asal hewan yang bisa dipakai sebagai alternatif obat maag.

Permen dan gula-gula

Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa, sehingga mampu menetralisir asam lambung. Namun, jangan makan permen karet karena manfaatnya bisa kebalikannya, kekenyalan akan menyebabkan produksi asam lambung meningkat berlebih.

Konsumsi suplemen

Ya, yang terakhir adalah mengkonsumsi makanan atau suplemen yang dapat membantu menyehatkan mukosa lambung.

Sumber : halosehat.com

Untuk mendapatkan suplemen yang dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit maag atau gastritis, kami anjurkan untuk mengkonsumi Gastric Health Tablet dari Green World yang diyakini efektif untuk bantu atasi keluhan di lambung.

Makanan dan Buah-Buahan Sehat Untuk Penderita GastritisItulah informasi mengenai makanan sehat yang baik untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit gastritis. Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya. Amin

Posted by : http://apotek45.com/

Makanan dan Buah-Buahan Sehat Untuk Penderita Gastritis

Artikel menarik lainnya :

2 thoughts on “Makanan dan Buah-Buahan Sehat Untuk Penderita Gastritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *