Macam-Macam Penyakit Jantung Beserta Gejalanya

      No Comments on Macam-Macam Penyakit Jantung Beserta Gejalanya

Macam-macam penyakit jantung beserta gejalanyaPenyakit jantung merupakan salah satu penyakit degeneratif yang paling banyak di takuti, karena tak jarang penderitanya mengalami kematian. Namun, bila Anda terdiagnosa menderita penyakit jantung jangan berhenti untuk terus berjuang melawan penyakit tersebut, karena kami yakin setiap penyakit pasti ada obatnya, baik itu melalui pengobatan secara medis ataupun pengobatan secara tradisional/alternatif.
Macam-Macam Penyakit Jantung Beserta GejalanyaBaiklah, kali ini admin akan membeberkan mengenai apa saja jenis penyakit jantung beserta gejalanya. Memang gejala dari setiap penyakit jantung memiliki tanda-tanda tersendiri, terutama mengacu pada kerusakan otot jantung atau jaringan dan pembuluh darah. Ini adalah hal pertama yang perlu Anda ketahui, karena dengan lebih tahu gejalanya sejak awal kita dapat secepatnya mengambil tindakan untuk pemeriksaan dengan tepat waktu.

Macam-Macam Penyakit Jantung Beserta Gejalanya

Di antaranya ialah :

  1. Jantung Koroner
          Jantung koroner merupakan penyakit jantung di mana terjadinya penyempitan pada pembuluh darah kecil yang bertugas mengalirkan darah dan oksigen ke jantung. Biasanya jantung koroner disebabkan oleh pembentukan plak pada dinding arteri (aterosklerosis) atau penerasan arteri yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok serta penyalah gunaan substansi, pola diet yang terlalu ketat serta kadar kolesterol yang tinggi. (Obat Tradisional Jantung Koroner).

Gejala jantung koroner pada tahap awal sebenarnya sulit untuk terdeteksi, namun berikut ini gejala umum jantung koroner yang kebanyakan terjadi, diantaranya : Rasa nyeri yang teramat sangat dibagian ulu hati, Mudah lelah dan berkeringat meskipun tidak melakukan aktivitas berat, Sakit pada lengan kiri dan kanan serta bagian tubuh lainnya seperti siku, leherm punggung dan bagu, mual dan nafsu makan menurun, dan irama jantung yang tidak teratur.

2. Jantung Bengkak
     Jantung bengkak atau dalam istilah medis disebut sebagai cardiomegaly yakni pembengkkan di jantung yang membuat ukuran jantung membesar melebihi jantung normal. Hal ini bisa terjadi akibat melonggarnya otot jantung sehingga volume bilik jantung menjadi lebih besar. (Obat Tradisional Jantung Bengkak)

Gejalanya berupa  : Pada beberapa kasus  jantung bengkak tidak menimbulkan gejala, namun secara umum gejala jantung bengkak berupa sesak nafas (terutama saat aktivitas atau ketika berbaring datar), kaki bengkak, berat badan bertambah karena terjadinya pembengkakan, kelelahan, nyeri dada, palpitasi atau jantng berdebar.

3. Jantung Bocor
     Jantung bocor merupakan kelainan bawaan (kongenital) yakni masalah pada struktur jantung yang sudah ada sejak lahir sehingga akan mengubal aliran normal darah melalui jantung. Dengan adanya kebocoran pada jantung, baik itu ASD (atrial septal deeefect) yakni kebocoran di septum antara dua serambi atas jantung atau VSD (verticular septal defect) yakni lubang atau kebocoran di septum antara dua bilik jantung, maka darah dari sisi kiri jantung dapat masuk ke sisi kanan. Dengan demikian, darah yang kaya akan oksigen bercampur dengan darah yang miskin oksigen. Akibatnya beberapa darah yang kaya oksigen di pompa ke paru-paru bukan ke tubuh. (Obat Tradisional Jantung Bocor)

4. Jantung Lemah
     Jantung lemah merupakan menurunnya kemampuan jantung untuk melaksanakan fungsinya secara maksimal sehingga jantung menjadi tidak normal. Di lansir dari ucsfhealth.org berikut ini gejala bila seseorang menderita jantung lemah, diantaranya : Sesak nafas, kelelahan, batuk kronis, detak jantung cepat atau tidak teratur, nafsu makan menurun, gangguan fikiran, dan akumulasi cairan dan pembengkakan. (Obat Tradisional Jantung Lemah)

5. Jantung Berdebar
     Dalam istilah medis jantung berdebar disebut dengan palpitasi yakni diman adanya perasaan atau sensasi detak jantung yang cepat, kuat, dan terkadang tidak beratura. Hal ini dapat di picu oleh stres, olahraga, obat ataupun penyakit tertentu. Apabila palpitasi terjadi singkat dan tidak ada tanda-tanda atau gejala yang dirasa mengkhawatirkan, makan periksakanlah ke dokter. Karena dokter akan membantu Anda mengetahui apakah jantung berdebar yang Anda alami berbahaya atau tidak. (Obat Tradisional Jantung Berdebar)

6. Jantung Rematik
     Istilah jantung rematik biasanya mengacu pada kerusakan katup jantung kronis, bisa berupa penyempitan atau kebocoran, terutama pada katup mitral yang dapat terjadi setelah seseorang mengalami demam rematik akut. Kerusakan katup ini biasanya menyebabkan gagal jantung. Tanda atau gejala dari penyakit jantung rematik ini biasanya terdapat rasa nyeri di dada tengah atau lengan kiri, dada mengencang, berkeringat dan penebalan tendon achilles. (Obat Tradisional Jantung Rematik)

7. Gagal Jantung
     Dikatakan gagal jantung bukan berarti jantung berhenti bekerja, namun jantung tidak dapat bekerja secara maksimal untuk memompa dan mengalirkan darah keseluruh tubuh. Bila jantung gagal atau tidak dapat memenuhi pasokan darah ke seluruh tubuh dapat mengakibatkan gejala seperti nyeri dada, sesak nafas, mudah lelah, detak jantung tidak normal dan lain sebagainya. Sama seperti penyakit jantung lainnya, gagal jantung juga dapat di picu karena ulah manusianya yang mempunyai pola hidup tidak sehat atau buruk. (Obat Tradisional Gagal Jantung)

8. Inflamasi Jantung
     Dapat terjadi pada dinding jantung (miokarditis), selaput yang menyelimuti jantung (perikarditis), atau bagian dalam (endokarditis). Inflamasi jantung ini biasanya di akibatkan oleh racun maupun infeksi.

Nah, itulah delapan jenis penyakit jantung yang bisa kami jelaskan secara singkat. Mudah-mudahan dengan mengetahui berbagai penyakit jantung beserta gejalanya ini dapat meringankan Anda dan membantu Anda untuk bisa lebih waspada akan penyakit mematikan ini. Tak bosan-bosan kami ingatkan untuk menerapkan pola hidup sehat supaya mendapatkan kehidupan yang lebih baik di hari esok. Salam sehat!

Berita Terkait :

Macam-Macam Penyakit Jantung Beserta Gejalanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *