Uncategorized

Komplikasi Akibat Penyakit Celiac

apotek45.com – Penyakit celiac merupakan penyakit imunitas, yakni reaksi kekebalan tubuh ketika memakan gluten, protein yang ditemukan dalam gandum, jelay (barley) dan gandum hitam (rye).

Seiring waktu, reaksi ini akan mengakibatkan penurunan berat badan, kembung dan kadang-kadang diare. Dan pada akhirnya, otak, sistem saraf, tulang, hati dan organ lainnya dapat kehilangan nutrisi penting.

Komplikasi Akibat Penyakit Celiac Jika Tidak Segera Mendapat Pengobatan

Yang namanya penyakit apapun itu, baik kronis ataupun non-kronis jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya pengobatan bisa mengakibatkan komplikasi serius. Termasuk penyakit celiac ini.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami rekasi atau gejala seperti di atas sebaiknya segera lakukan pengobatan sebelum penyakit tersebut berkembang semakin parah.

Komplikasi Akibat Penyakit Celiac Baca : Obat Tradisional Penyakit Celiac Alami Paling Ampuh

Berikut ini beberapa komplikasi yang bisa terjadi bila penyakit celiac tidak segera ditangani, diantaranya yaitu :

  • Malabsorpsi dan malnutrisi. Tubuh penderita tidak bisa menyerap nutrisi secara sempurna, sehingga bisa mengakibatkan anemia defisiensi zat besi, osteoporosis, turunnya berat badan, pertumbuhan terhambat, kelelahan, pusing dan mengalami kebingungan.
  • Infertelitas dan keguguran. Kurangnya asupan kalsium dan vitamin D bisa menyebabkan gangguan pada organ reproduksi.
  • Intoleransi laktosa. Penderita akan berisiko intoleransi laktosa karena tubuhnya kekurangan enzim untuk mencerna laktosa yang biasanya ditemukan pada produk seperti susu, yoghurt dan keju.
  • Kanker. Penderita penyakit celiac juga memiliki risiko lebih besar terkena kankerusus dan limfoma usus.
  • Berat badan bayi lahir rendah. Risiko ini lebih tinggi pada ibu hamil dengan penyakit celiac yang tidak terkontrol.

Perlu Anda ketahui, penyakit celiac lebih cenderung berkembang dalam keluarga. Jika seseorang dalam keluarga ada yang mengidap penyakit ini, tanyakan kepada dokter apakah Anda harus diperiksa. Juga mintalah dokter untuk memeriksa jika Anda atau seseroang dalam keluarga Anda memiliki faktor risiko penyakit celiac seperti diabetes tipe 1.

Baca : Obat Tradisional Diabetes

Itulah informasi yang dapat admin bagikan pada Anda, semoga bermanfaat dan semakin waspada terhadap penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan pencernaan ini.

Posted by : http://apotek45.com/

Komplikasi Akibat Penyakit Celiac

Artikel kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *