Komplikasi Akibat Penyakit Hipertiroid

apotek45.com – Penyakit hipertiroid kini memang lagi gencar-gencarnya dibicarakan, mengingat penderitanya semakin lama semakin menjamur di masyarakat. Oleh karena itu, Sebisa mungkin Anda harus menjaga organ tubuh Anda sebaik-baiknya jika tidak ingin terkena penyakit ini.

Komplikasi Akibat Penyakit HipertiroidHipertiroid terjadi ketika kelenjar tiroid bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan hormon tiroid secara berlebihan yang membuat metabolisme tubuh menjadi lebih cepat dan bisa membuat kualitas hidup Anda menurun.

Kelebihan hormon tiroid ini dapat dipicu oleh beberapa sebab ini, yakni karena :

  • Penyakit graves
  • Adenoma toksik
  • Karsinoma tiroid
  • Gondok multinodusa toksik
  • Tiroiditis subakut
  • Obat (yodium. litium), dsb

Komplikasi Hipertiroid

Nah, jika Anda kini sedang menderita hipertiroid jangan ditunda-tunda untuk melakukan pengobatannya, karena berisiko menyebabkan komplikasi yang sangat serius. Berikut ini beberapa komplikasi yang mungkin terjadi bila penyakit hipertiroid tidak cepat ditangani:

Oftalmopati Graves

Gangguan mata yang disebabkan oleh penyakit graves. Gejala yang muncul biasanya berupa mata kering atau mengeluarkan air mata berlebihan, penglihatan kabur dan sensitivitas berlebihan terhadap cahaya.

Keguguran dan eklampsia

Pada wanita hamil dengan riwayat penyakit graves atau menderita hipertiroid lebih berisiko mengalami komplikasi, seperti keguguran, kejang-kejang pada masa kehamilan, kelahiram prematur dan bayi dengan berat badan rendah.

Hipotiroidisme

Dampak dari pengobatan terhadap hipertiroid adalah kelenjar tiroid menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroksin dan triiodotironin.

Sebagai akibatnya, terjadilah hipotiroidisme dengan gejala kelelahan berlebih, konstipasi dan peningkatan berat badan.

Baca : Obat Tradisional Hipertiroid Anak dan Dewasa

Badai tiroid

adalah kondisi munculnya gejala parah dengan tiba-tiba akibat sistem metabolisme tubuh berjalan terlalu cepat.  Ini bisa terjadi ketika hipertiroid tak ditangani atau tidak terdiagnosis. Selain itu, badai tiroid juga bisa terjadi karena beberapa hal seperti infeksi, kehamilan, tidak mengonsumsi obat sesuai anjuran dokteri dan kerusakan kelenjar tiroid akibat cedera pada leher.

Ini adalah kondisi darurat, jika Anda mencurigai orang disekeliling Anda mengalaminya, pastikan segera bawa ke rumah sakit. Beberapa gejalanya adalah nyeri dada, diare, demam, menggigil, berhalusinasi dan sakit kuning.

Gangguan jantung

Komplikasi yang serius dari hipertiroid yakni berkaitan dengan gangguan jantung, seperti denyut jantung cepat, kelainan ritme jantung dan gagal jantung kongestif.

Baca juga : Obat Tradisional Gagal Jantung

Osteoporosis atau tulang rapuh

Kekuatan tulang bergantung pada jumlah kalsium dan mineral lain di dalamnya. Tubuh akan kesulitan memasukkan kalsium ke dalam tulang ketika terganggu dengan banyaknya hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

Bagaimana? Masih ingin menunda-nunda untuk pergi ke spesialis dalam untuk memeriksakan kesehatan Anda? Sebaiknya jangan ditunda lagi, karena seperti yang Anda ketahui jika penyakit hipertiroid ini tidak segera ditangani dengan cepat bisa memicu komplikasi serius.

Posted by : http://apotek45.com/

Komplikasi Akibat Penyakit Hipertiroid

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *