Keputihan Tidak Wajar? Ini Penyebabnya

      No Comments on Keputihan Tidak Wajar? Ini Penyebabnya

Keputihan Tidak Wajar? Ini Penyebabnya – Keputihan sebenarnya 85% hampir di alami oleh wanita. Hal ini terkadang menyebabkan berbagai kecemasan karena menyangkut kesehatan organ intim. Oleh karena itu, sebagai ancang-ancang untuk menghentikan keputihan yang tidak wajar tak ada salahnya untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab timbulnya keputihan.

Keputihan Tidak Wajar? Ini Penyebabnya

Keputihan atau dalam bahasa kedokteran di sebut Fluor albus ialah kumpulan cairan dan sel-sel yang keluar dari kemaluan wanita yang berfungsi untuk membersihkan dan melindungi daerah kewanitaan. Keputihan biasanya di tandai dengan warnanya yang bening atau kuning terang bila menempel pada pakaian dalam, lendir tersebut bisa berupa encerĀ  atau kental tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan gatal, perih, nyeri dan jumlahnya tidak terlalu banyak. keputihan jenis ini tidak perlu di khawatirkan karena termasuk dalam ketegori keputihan yang wajar.

Namun lain halnya jika keputihan tersebut berbau, gatal serta dalam jumlah yang banyak. Keputihan iniĀ  termasuk dalam kategori keputihan yang tidak wajar. Jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya pergilah ke dokter untuk memeriksakan diri barangkali ada gangguan di dalam kandungan yang menyebabkan keputihan.

Berikut ini beberapa penyebab keputihan abnormal atau tidak wajar pada wanita

Tumor atau kanker kandungan

Gejala munculnya tumor atau kanker di kandungan biasanya berupa munculnya cairan yang menyerupai keputihan dengan disertai bercak darah dan berbau busuk. Jika gejala tersebut disertai dengan rasa tidak nyaman di perut bagian bawahm terjadi gangguan siklus haid , sering demam, badan bertambah kurus, pucat, lesu, lemas dan tidak bugar , kemungkinan telah terjadi pertumbuhan abnormal dalam organ kandungan.

Keputihan karena usia lanjut

Tidak hanya menyerang remaja, dan dewasa, keputihan juga bisa menyernag mereka yang berusia lanjut, bahkan terkadang keputihan yang keluar disertai darah. Hhal ini disebabkan karena lapisan vagina yang menipis seiring dengan bertambahnya usia.

Keputihan akibat adanya benda asing dalam vagina

Vagina bagaikan lorong terbuka yang memungkinkan masuknya benda asing ke dalam tubuh. Sisa pembalut, kapas atau mungkin kondom merupakan benda-benda asing yang bisa tertinggal di dalam vagina sehingga menyebabkan terjadinya keputihan.

Terlalu sering bersihkan vagina

Para wanita biasanya sering melakukan kebiasaan yang sebetulnya tidak sehat dalam memperlakukan vaginanya, seperti sering membersihkan vagina dengan bahan antiseptik. Kebiasaan ini sesungguhnya tidak menyehatkan dan akan mengganggu ekosistem vagina. Kuman-kuman yang tinggal di saluran vagina yang hidup damai dan bersifat baik bagi tubuh akan ikut terbunuh oleh antiseptik. Padahal kuman-kuman yang baik itu dapat membantu membentuk suasana asam di sekitar vagina, di mana vagina bersifat asam guna mengusir bibit penyakit.

Vagina yang kehilangan kondisi keasamannya memiliki potensi menjadi lahat tempat berkembang biaknyasegala macam bakteri dan kuman berbahaya yang akhirnya menjadi penyebab keputihan.

Keputihan akibat penyakit menular seksual dan kencing nanah

Nah, itulah sedikit informasi mengenai penyebab keputihan yang tidak wajar. Apapun penyebabnya, yang namanya keputihan harus segera di obati dengan baik dan benar, karena jika di biarkan bisa berpotensi besar mengidap penyakit berbahaya yang berhubungan dengan organ kewanitaan atau bahkan juga bisa terjadi komplikasi dengan penyakit yang lebih berat dan sulit disembuhkan.

Posted By : Keputihan Tidak Wajar? Ini Penyebabnya

Berita terkait:

Makanan Pemicu Keputihan Pada Wanita

Obat Tradisional Keputihan Dari Bahan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *