Kenapa Perut Terasa Mual Setelah Makan?

      No Comments on Kenapa Perut Terasa Mual Setelah Makan?

apotek45.com – Makan merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari setiap aktivitas, namun beberapa orang terkadang seringkali merasa mual saat setelah makan.

Lantas apa yang menyebabkan rasa mual setelah makan terjadi?

Kenapa Perut Terasa Mual Setelah Makan?Berdasarkan kutipan dari www.newhealthguide.org, paling tidak ada beberapa hal yang menyebabkan rasa mual setelah makan, diantaranya yakni :

  • Viral gastroenteritis

    Merupakan salah satu viru yang menginfeksi usus dan perut. Virus ini berkembang ketika Anda mengkonsumsi makanan yang kotor, terkontaminasi bakteri atau racun yang menyebabkan mual dan muntah serta diare.

Terkadang gejalanya tidak hanya mual saja, namun juga disertai demam, muntah dan nyeri pada perut.

Baca : Obat tradisional kram perut ekstrak alami

  • Keracunan atau alergi makanan

    Ini merupakan salah satu penyebab utama mual dan muntah yang dapat dialami setelah makan. Tubuh akan menolak makanan di dalam lambung setelah makanan yang terkontaminasi memproduksi racun di dalam sistem gastrointestinal. Ini bisa bertambah parah dengan timbulnya reaksi munatah, demam diare, dan bahkan pingsan.

Selain keracunan, alergi makanan juga bisa menyebabkan muntah setelah makan, ini karena kekebalan tubuh yang merespon beberapa makanan abnormal yang Anda makan.

  • Kehamilan

    Hormon-hormon kehamilan seringkalo mempengaruhi kebiasaan makan dan mengurangi motilitas usus, karena itu dapat meningkatkan risiko mual dan muntah. Semua gejala ini bersifat sementara dan akan hilang secara spontan setelah melahirkan.

  • Dispepsia atau gangguan pencernaan

    Rasa mual setelah makan memang sering dikaitkan dengan gejala dari penyakit dispepsia. Reaksi ini terjadi karena seringnya memakan-makanan berlemak dan berminyak, makan berlebihan, stres emosional dan konsumsi minuman berkarbonasi. Dalam kasus lain, gangguan pencernaan disebabkan oleh kondisi seperti kanker perut atau batu empedu.

Baca : Penyakit dispepsia dan pengobatan alaminya

  • Stres dan kecemasan

    Secara ilmiah, setelah terbukti bahwa emosi manusia secara signifikan dapat memengaruhi fungsi tubuh dengan melepaskan hormon tertentu dan mediator kimia sehingga ketika Anda merasa tertekan dan gelisah.

.. Anda juga jadi tidak selera makan dan jika dipaksakan makan, maka perut secara alami akan menolak dan dapat menyekresi mediator tertentu dari sistem pencernaan yang dapat menyebabkan mual setelah makan.

Itulah beberapa penyebab yang membuat Anda merasakan mual setelah makan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya .

Posted by : http://apotek45.com/

Kenapa Perut Terasa Mual Setelah Makan?

Artikel kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *