Kandungan dan Manfaat Hawthorn Berry Bagi Kesehatan

apotek45.com – Di Indonesia sendiri tanaman atau buah hawthorn berry memang belum lah populer. Namun di Eropa buah ini sudah terkenal sejak ribuan tahun lalu. Orang yunani kuno bahkan menjadikan buah ini sebagai lambang kebahagiaan.

Kandungan dan Manfaat Hawthorn Berry Bagi Kesehatan Hawthorn Berry dengan nama latin Crateagus Oxyxanthus ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan di Eropa buah ini di anggap sebagai pengobatan yang aman dan efektif untuk tahap awal penyakit jantung dan di sah kan oleh Komisi E cabang pemerintah jerman bahwa studi menyetujui pengobatan herbal.

Ini digunakan untuk meningkatkan kesehatan sistem peredaran darah dan telah ditemukan guna mengobati angina, tekanan darah tinggi, gagal jantung kongesif dan aritmia jantung. Telah ditemukan juga untuk memperkuat jantung dan stabilise melawan arrythmias

Penelitian laboratorium pada hewan telah menemukan bahwa hawthorn mengandung senyawa aktif dengan sifat sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat yang mengikat radikal bebas yaitu senyawa yang dapat merusak tubuh yang mengubah membran sel, merusak DNA, dan bahkan menyebabkan kematian sel.

Radikal bebas terjadi secara alami dalam tubuh, namun racun lingkungan (termasuk sinar UV, radiasi, merokok dan polusi udara) juga dapat meningkatkan jumlah mereka.

Radikal bebas diyakini berkontribusi pada proses penuaan serta pengembangan sejumlah masalah kesehatan termasuk penyakit jantung.

Antioksidan yang ditemukan dalam hawthorn dapat menetralisir radikal bebas dan mengurangi atau bahkan membantu mencegah beberapa kerusakan yang diakibatkannya.

Kegunaan dan Manfaat Hawthorn Berry

Hawthorn berry bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol

Buah, bunga dan daun hawthorn berry mengandung flavonoid bernama antosianidin dan proantosianidin yang merupakan jenis antioksidan kuat yang ampuh digunakan untuk memerangi efek buruk radikal bebas Kandungan dan Manfaat Hawthorn Berry Bagi Kesehatan dalam tubuh.

Penelitian menyebutkan, bahwa zat proantosianidin dalam hawthorn berry mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mengurangi jumlah lapisan plak dalam pembuluh darah.

Hawthorn berry bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah

Hawthorn berry mengandung zat yang dapat menghalangi pelepasan enzim yang memproduksi angiotensin (zat yang dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah) dalam tubuh.

Dengan terhentinya produksi angiotensin, maka tekanan darah dapat distabilkan secara bertahap sehingga kemungkinan otot-otot pembuluh darah berada dalam kondisi relaks.

Penelitian menyatakan bahwa nilai tekanan darah akan berangsur normal setelah mengonsumsi hawthorn berry dalam waktu 2-4 minggu.

Manfaat hawthorn berry untuk atasi penyakit jantung & stroke

Hawthorn berry juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Sejumlah penelitian juga menyatakan bahwa menyantap buah hawthorn berry mampu memperbaiki fungsi jantung dalam memompa darah sekaligus meredakan gejala penyakit jantung seperti keluhan sakit dada, rasa lelah berlebihan, serta nafas pendek.

Dalam situs University of Maryland Medical Center, Amerika juga menyebutkan bahwa konsumsi hawthorn berry selama dua bulan mampu mengurangi dosis obat yang wajib dikonsumsi oleh penerita jantung.

Manfaat hawthorn berry untuk penyakit lambung

Sebuah penelitian menemukan bahwa hawthorn mengandung senyawa aktif dengan sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang berkontribusi pada proses pengembangan sejumlah penyakit, termasuk penyakit pada lambung. Maka dari itulah hawthorn juga menjadi salah satu komposisis Gastric Health Tablet sebagai obat herbal penumpas penyakit pada lambung secara alami.

Dan bila Anda membutuhkan khasiat dari buah hawthorn berry untuk kesehatan, Anda bisa mendapatkan khasiat dan juga manfaatnya dalam produk Brain Care Capsule untuk penyakit stroke dan Diasis Care Capsule untuk penyakit darah tinggi. Suplemen herbal ini telah terbukti secara klinis mampu mengatasi penyakit sampai tuntas tanpa menimbulkan efek samping negatif.

Posted by : http://apotek45.com/

Kandungan dan Manfaat Hawthorn Berry Bagi Kesehatan

Artikel menarik lainnya :

2 thoughts on “Kandungan dan Manfaat Hawthorn Berry Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *