Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
kesehatan

Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan .- Daun salam atau yang mempunyai nama ilmiah Syzygium polyanthum merupakan tumbuhan yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita.Diaman sudah sejak zaman dahulu daun salam dimanfaat sebagai pengharum dan penyedap masakan.Tumbuhan ini bisa mudah kita dapatkan karena mudah tumbuh baik itu dipekarangan rumah kita atau dikebun.

Khasiat Dan Manfaat Daun Salam Untuk KesehatanDan tahukah anda bahwa dibalik itu semua ternyata daun salam menyimpan manfaat dan khasiat bagi kesehatan.Hal ini berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan terhadap daun salam ini.Lalu apa saja khasiat dan manfaat daun salam untuk kesehatan ini,apotek45.com akan memberikan informasinya untuk anda.

Kadungan Daun Salam :

  • Mingak Esensial dalam daun salam mengandung eugenol dan metil kavikol
  • Mengandung Ekstrak etanol yang bersifat antibakteri dan antijamur
  • Mengandung Ekstrak Metanol yang bersifat anticacing
  • Memiliki kandungan kimia berupa flavonoida, tannin dan minyak atsiri

9 Khasiat Dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak adanya salahnya apabila anda mencampurkan daun salam terhadap masakan anda,yang mana selain membuat masakan anda beraroma mantap kandungan-kandungan alami didalam daun salam juga memiliki khasiat mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Membuat Gigi Menjadi Putih Dan Bersih

Anda bisa mengunakan atau memanfaatkan daun salam sebagai pasta gigi tradisional hal ini dikarenakan daun salam terbukti mampu membuat gigi putih dan bersih.Caranya ialah jemurlah beberapa daun salam dan kulit jeruk hingga kering,lalu tumbuk kedua bahan alami tersebut,kemudian campurkan kedua bahan yang sudah ditumbuk tersebut dengan air lalu aduk hingga berbentuk pasta.

3. Menurunkan Kolesterol Dan Gula Darah

Daun salam bisa anda konsumsi sebagai ramuan alami guna menurunkan kadar kolesterol tinggi serta gula darah dalam tumbuh anda.Caranya yaitu ambil 10-15 daun salam segar cuci sampai bersih,lalu rebus dengan 3 gelas air apabila sudah dingin saring air rebusan tersebut lalu konsumi secara teratur.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih maka daun salam bisa menjadi alternatif untuk anda menurunkan berat badan anda yakni dengan cara ambil 20-30 daun salam lalu cuci,kemudian rebuslah dengan air 4 gelas hingga air rebusanya menjadi 2 gelas lalu dinginkan.Minumlah rebusan air daun salam tersebut 2 kali sehari yakni pagi dan malam hari masing-masing satu gelas.

5. Mampu Mengobati Penyakit Kencing Manis

Kencing manis bisa disembuh dengan daun salam yakni dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun salam secara rutin dua kali sehari.Untuk mengolahnya ialah anda ambil 7-15 lembar daun salam lalu rebus dengan air 3 gelas tunggu sampai airnya menjadi satu gelas dinginkan dan konsumsi.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan tekanan darah anda maka,daun salam bisa menjadi alternatif untuk menurunkannya yakni dengan cara ambil 7 – 10 lembar daun yang masih segar, rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.

7. Mengobati Penyakit Maag Akut

Untuk anda penderita maag kronis tidak adanya salahnya anda membiasakan mengkonsumsi air rebusan daun salam guna mengobati penyakit yang anda derita.Cara membuatnya ialah Cuci bersih 15 – 20 lembar daun segar. Rebus dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau (aren) secukupnya. Setelah air rebusan dingin, minum airnya sebagai teh herbal. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

8. Menghilangkan Mabuk Alkohol Dengan Cepat

Selain daunnya,buah salam juga memiliki manfaat yakni mampu menghilangkan mabuk akibat alkohol.Caranya adalah Cuci satu genggam buah salam masak, tumbuk dan peras airnya. Saring air perasan buah salam kemudian minum

9. Meringankan Nyeri Sendi Akibat Asam Urat

Untuk anda yang menderita penyakit asam urat dan sangat tersiksa dengan nyeri yang ditimbulkan maka untuk mengurangi atau meringankannya anda bisa mengkonsumsi rebuan daun salam.Keringkan 10 lembar daun salam kemudian rebus bersama 10 gelas air. Tunggu hingga tersisa 7 gelas lalu minum setelah dingin. Lakukan teratur setiap hari agar penyakit asam urat anda cepat sembuh.

10. Mengobati Diare

Selain daun biji jambu alternatif yang bisa anda pilih guna mengobati diare ialah dengan daun salam yakni 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tunggu sampai dingin. Minum air tersebut sekaligus agar diare cepat sembuh.

Itulah sekilas tentang khasiat dan manfaat daun salam untuk kesehatan ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda.Terima kasih banyak sudah mau meluangkan waktu anda untuk menyimak artikel sederhana ini dan terima kasih banyak atas kunjungannya dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *