Ini Dia 6 Kebiasaan Pemicu Insomnia

      No Comments on Ini Dia 6 Kebiasaan Pemicu Insomnia

Ini dia 6 kebiasaan pemicu insomnia – Semua orang termasuk Anda tentunya membutuhkan tidur yang berkualitas di malam hari untuk mendapatkan tubuh yang segar dan fit untuk aktivitas esok hari. Namun tak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari, tentunya hal ini sangatlah mengganggu kesehatan tubuh Anda. Karena kurang tidur akan membuat tubuh Anda lemas, lesu, dan bisa membuat berbagai penyakit mudah menyerang.

Ini Dia 6 Kebiasaan Pemicu Insomnia

Nah, maka dari itu penting adanya untuk mengetahui apa saja pemicu atau penyebab sulitnya untuk tidur pada malam hari. Ini dia 6 kebiasaan yang memicu insomnia yang mungkin sering Anda lakukan :

  • Makan malam terlalu banyak
    Menyantap makanan berlebihan di malam hari di duga bisa membuat Anda sulit untuk tidur, terutama jika menunya banyak mengandung protein. Protein akan lebih sulit di cerna oleh tubuh ketimbang nutrisi lain, sehingga membuat sistem pencernaan bekerja lebih ekstra semalaman. Nah, maka dari itu hindari mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung protein pada malam hari, karena itu bisa menyebabkan Anda sulit untuk terlelap.

 

  • Mengkonsumsi alkohol
    Alkohol akan menyebabkan Anda lebih lama dalam fase tidur deep sleep dari pada REM sleep (fase di mana Anda bermimpi dengan bola mata yang bergerak aktif). Jika Anda berada dalam kondisi fase deep sleep terlalu lama akan berdampak negatif pada kesehatan mental karena mengurangi periode fase REM.

 

  • Minum kopi pada sore hari
    Telah kita ketahui bahwa kopi menganding kafein yang berperan sebagai stimulan untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi terjaga, biasanya hingga 12 jam setelah diminum. Oleh karena itu hindari mengkonsumsi kopi di siang menjelang sore hari, terutama di malam hari jika Anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik.

 

  • Mengkonsumsi obat tidur
    Obat tidur memang akan membuat tidur Anda lebih cepat dan nyenyak, namun hal ini tidak menyembuhkan akar dari permasalahan sebenernya yang membuat Anda sulit tidur. Krena obat tidur hanya bersifat sementara, selain itu obat tidur juga akan menimbulkan ketergantungan dan bilsa dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan berbagai penyakit datang, mulai dari gangguan jantung, liver hingga ginjal.

 

  • Memaksa untuk tidur
    Berbaring dan Memaksa mata Anda untuk terlelap saat Anda sebenarnya sulit untuk tertidur justru akan membuat Anda semakin terjaga. Lakukanlah sesuatu hal yang membuat Anda rileks untuk membuat Anda tidur secara alami, misal mendengarkan musik dengan tempo lambat, atau membaca buku. Aktivitas ringan ini akan menangkan Anda sehingga lebih mudah mengantuk dan tertidur.

 

  • Nonton TV sebelum tidur
    Ini satu hal lagi yang bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam, nonton televisi. Tubuh bisanya akan menganuk dengan sendirinya begitu hari mulai gelap, karena itu adalah siklus alami manusia. Namun ketika Anda mulai menyalakan TV di waktu malam, cahaya dari layar TV akan membuat sistem sirkadian tubuh bingung dan akhirnya mata akan kembali terjaga dan tubuh kembali segar dan tentunya sangatlah sulit untuk tidur. Selain TV, perangkat elektronik lain seperti komputer, tablet, dan smartphone juga bisa menimbulkan efek yang sama yaitu membuat Anda sulit untuk tidur. Jadi sebaiknya matikan segala perangkat tersebut begitu Anda beranjak tidur.

Sumber : wolipop.detik.com

Itulah sedikit pembahasan mengenai 6 kebiasaan pemicu insomnia atau sulit tidur. Semoga dengan adanya informasi ini Anda dapat menstop untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut agar mendapatkan tidur yang berkualitas dan tubuh yang sehat, sehingga terbebas dan jauh dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

Posted by : Ini Dia 6 Kebiasaan Pemicu Insomnia

Berita terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *