Mengenali Hal-hal Yang Dapat Memicu Terjadinya Gastritis

apotek45.com – Gastritis merupakan peradangan yang terjadi di lambung akibat tingginya produksi asam di lambung.

Akibatnya, sejumlah keluhan akan dialami oleh Anda, diantaranya  seperti rasa perih di ulu hati, perut kembung, sendawa, sesak nafas, mual dan bahkan muntah. Pada kasus gastritis yang terbilang parah, yakni akibat terjadinya pengikisan dan pendarahan lapisan lambung akan timbul gejala seperti tinja berwarna merah atau hitam dan muntah darah.

Hal Yang Memicu Terjadinya GastritisSegera lakukan pengobatan jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut. Sebagian besar gejala gastritis memang dapat sembuh dengan cepat setelah diobati. Namun sebaliknya, jika gastritis dibiarkan maka dalam jangka waktu panjang dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi seperti pendarahan hebat, tukak lambung dan kanker lambung.

Apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan gastritis?

Berikut ini beberapa diantara penyebabnya :

  • Makanan yang mengandung kadar asam tinggi (makanan bercuka atau buah-buahan yang terlalu asam)
  • Makanan yang terlalu pedas
  • Efek samping penggunaan obat-obatan pereda nyeri seperti ibuprofen, aspirin, dan obat anti-inflamasi non steroid (OAINS)
  • Infeksi bakteri H.pylori – Sebuah bakteri yag hidup di laisan mukosa lambung ini jika tidak segera mendapatkan pengobatan, infeksi dapat menyebabkan borok, dan efek lainnya seperti kanker perut
  • Refluks cairan empedu (arus balik cairan empedu dari usus halus ke lambung)
  • Anemia pernisiosa (anemia akibat lambung tidak mampu mencerna vitamin B12)
  • Konsumsi kopi dan alkohol berlebihan
  • Pemakaian narkoba jenis kokain.

Ha lain yang dapat dijadikan sebagai penyebab penyakit gastritis adalah adanya stres dan traumatis akibat adanya operasi besar. Hal lain seperti mengalami infeksi parasit pada jaringan ikan atau bahkan pada beberapa kasus pernah ditemukan bahwa tubuh menghancurkan sel-sel lendir itu sendiri karena kekurangan vitamin B12.

Penyebab gastritis yang paling sering adalah karena reaksi dari konsumsi alkohol dan obat-obatan jenis aspirin. Karena itu, untuk menghindari timbulnya gastritis sebaiknya hindari penyebabnya.

Pengobatan gastritis umumnya disesuaikan dengan faktor penyebab penyakit yang menyerang Anda. Karena itu, berkonsultasilah ke dokter Anda untuk membantu menganalisis dan menentukan perawatan apa yang tepat untuk Anda.

Baca juga informasi mengenai Pengobatan Tradisional Gastritis dengan Obat Herbal Gastric Health Tablet dari Green World yang dapat membantu mencegah sekaligus mengobati penyakit lambung sampai tuntas.

Demikian informasi mengenai penyebab penyakit gastritis yang perlu Anda ketahui, semoga bisa menambah pengetahuan Anda dan menjadikan Anda tetap waspada pada kesehatan diri sendiri. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Posted by : http://apotek45.com

Mengenali Hal-hal Yang Dapat Memicu Terjadinya Gastritis

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *