Gejala Radang Kelopak Mata (Blepharitis)

      No Comments on Gejala Radang Kelopak Mata (Blepharitis)

Gejala Radang Kelopak Mata (Blepharitis)

Inilah beberapa gejala atau tanda blepharitis atau radang kelopak mata yang harus Anda ketahui guna melakukan penanganan cepat dan tepat agar penyakit tersebut tidak semakin berkembang dan mengganggu penglihatan Anda.

Gejala Radang Kelopak Mata (Blepharitis)

Peradangan kelopak mata atau blepharitis memang bukanlah jenis penyakit menular dan tidak menyebabkan kerusakan permanen pada daya penglihatan.

Namun, kondisi ini Akan membuat Anda (penderitanya) merasakan ketidaknyamanan dan menderita karena gejalanya seperti kelopak mata menjadi merah, gatal dan bengkak, serta muncul semacam kotoran di pangkal bulu mata akan membuat aktivitas Anda terganggu.

Lantas, apa saja Gejala radang kelopak mata (blepharitis)?

Gejala atau tanda radang kelopak mata pada setiap usia hampir sama, beberapa gejalanya meliputi:

  • Lebih sensitif terhadap cahaya
  • Mata kering
  • Mata terasa nyeri, panas, atau seperti terbakar
  • Mata atau kelopak mata berwarna kemerahan dan bengkak
  • Munculnya krusta (seperti luka yang mengering) di pangkal bulu mata
  • Penglihatan kabur
  • Terasa seperti ada yang mengganjal di mata
  • Mata sering mengeluarkan air mata
  • Adanya kotoran atau ketombe pada bulu mata
  • Kaku pada bulu mata ketika bangun pagi

Baca : Cara alami hilangkan krusta pada kelopak mata

Lantas, Bagaimana cara pengobatan yang dilakukan untuk kesembuhan radang kelopak mata?

Meskipun bukan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan mata secara permanen, blefaritis dapat berujung pada kondisi yang lebih serius, misalnya pembentukan jaringan parut (sehingga mengganggu fungsi kelopak mata untuk membuka atau cedera pada jaringan mata yang lebih rentan).

Kondisi ini tentu saja tidak boleh dibiarkan dan harus cepat ditangani.

Apabila saat ini Anda atau keluarga menderita radang kelopak mata atau blefaritis, bisa melakukan tips atau langkah-langkah berikut untuk merawat dan membersihkan mata di rumah:

  • Ambil dan gunakan kain bersih, lalu basahi dengan air hangat. Peras lalu tempelkan pada mata selama 5 menit. Pastikan mata Anda dalam kondisi tertutup saat dikompres. Basahi kembali kain sesuai kebutuhan. Cara ini diyakini dapat melunakkan krusta yang mengering dan mengeras, serta membersihkan kotoran berminyak yang menempel di bulu mata.
  • Lakukan pemijatan pada pangkal bulu mata untuk mendorong kotoran yang menyumbat saluran minyak pada kelopak mata.
  • Bila dokter mengijinkan, kain yang sudah dibasahi air hangat tersebut boleh ditambahkan shampo bayi atau sabun bayi yang sudah diencerkan 50%, lalu tempelkan kekelopak mata dengan menggunakan satu jari telunjuk.

Baca : Tanda atau gejala keratitis pada mata

Cara mencegah radang kelopak mata atau blepharitis

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah peradangan pada mata jenis ini. Beberapa di antaranya adalah dengan selalu menjaga kebersihan di area mata, membersihkan makeup yang dipakai di sekitar mata seperti eyeliner, eyeshadow, maskara, dsb setiap sebelum tidur.

Namun, apabila cara tersebut belum juga membuat Anda terhindar dan sembuh dari penyakit peradangan mata, Anda bisa melakukan pencegahan dan pengobatan blepharitis dengan mengkonsumsi suplemen herbal khusus mata untuk mencegah agar mata Anda ternutrisi dengan baik, dan terhindar dari ancaman bakteri yang menyebabkan peradangan.

Rekomendasi Pengobatan dan pencegahan herbal blepharitis dengan suplemen mata herbal Walatra Sehat Mata.

Itulah informasi mengenai gejala radang kelopak mata (blepharitis) yang dapat kami share, semoga dengan mengetahui lebih dulu apa saja gejalanya, Anda tidak lagi menyepelekan gangguan yang terjadi pada mata Anda.

Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel selanjutnya ..

Posted by : Gejala Radang Kelopak Mata (Blepharitis) on Apotek 45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *