Kenali Gejala, Penyebab dan Komplikasi Fibroid Rahim Pada Wanita

Kenali gejala penyebab dan komplikasi fibroid rahim – Fibroid rahim atau dikenal juga dengan nama mioma atau leiomioma merupakan tumor jinak yang dapat terjadi pada bagian atas atau dalam otot rahim.

Fibroid dinding rahim dapat menyebabkan pendarahan atau menorrhagia dan dismenorea. Dalam kasus yang jarang, fibroid dapat menyebabkan rasa sakit atau pendarahan tiba-tiba.

Kenali Gejala, Penyebab dan Komplikasi Fibroid Rahim Pada Wanita

Dalam kasus fibroid yang berkembang selama masa kehamilan, tumor dapat menyebabkan sejumlah komplikasi selama kehamilan. Tumor akan membuat plasenta janin kekurangan oksigen. Tumor akan menggeser posisi janin, sehingga menyebabkan ibu sulit melahirkan secara normal melainkan melalui operasi caesar.

Pada kebanyakan kasus, janin masih bisa berkembang secara normal meskipun terdapat tumor di dalam rahim, namun tumor akan tumbuh lebih cepat selama masa kehamilan.

Baca : 5 tanda-tanda keguguran yang perlu diwaspadai ibu hamil

Lantas, apa yang menjadi penyebab fibroid rahim?

Sebenarnya belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab fibroid rahim. Namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini, di antaranya meliputi:

  • Perubahan genetik. Fibroid multipel dapat menyebabkan perubahan pada sel otot rahim yang normal. Ada bukti yang menunjukkan bahwa fibroid cenderung terjadi pada keluarga muda dan pasangan kembar identik yang memiliki resiko lebih tinggi terhadap fibrosis daripada kembar fraternal.
  • Faktor pertumbuhan lainnya. Faktor ini membantu menjaga keadaan hemeostasis tubuh seperti zat semcam insulin yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fibroid.
  • Estrogen dan progesteron. Dua hormon ini merangsang pertumbuhan endometrium selama siklus menstruasi untuk mempersiapkan kehamilan. Hormon ini telah memberikan kontribusi untuk membantu perkembangan fibroid.

Disamping itu, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya fibroid rahim, yakni:

» Genetika,jika ibu atau saurdara perempuan Anda memiliki fibroid, maka Anda memiliki risiko tinggi terhadap kemungkinan terserang penyakit ini.

» Ras, wanita berkulit hitam lebih memiliki risiko terhadap penyakit ini di usia muda dengan ukuran fibroid atau tumor yang lebih besar.

» Usia, wanita dengan usia lebih dari 40-50 tahun umumnya memiliki fibrosis. Setelah menopause, tumor akan menyusut.

» Faktor lainnya seperti menstruasi dini, lebih banyak mengonsumsi daging merah, buah, sering minum bir, dan kurang makan sayur.

Ciri, tanda atau gejala fibroid rahim

Meskipun fibroid rahim termasuk dalam kategori tumor jinak, namun ia dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat Anda melakukan aktivitas. Dalam kasus yang ekstrim, fibroid rahim dapat mengakibatkan pendarahan dan Anda harus segera temui dokter jika Anda mengalami gejala:

  • Menorrhagia atau dismenorea
  • Nyeri panggul dan tidak segera hilang.
  • Nyeri saat berhubungan seksual.
  • Pendarahan eksternal atau pendarahan menstruasi.
  • Pertumbuhan pada uterus dan perut.
  • Sulit buang air kecil.

Baca : Ciri-ciri rahim terbalik (retrofleksi)

Komplikasi yang bisa terjadi

Kenali Gejala, Penyebab dan Komplikasi Fibroid Rahim Pada Wanita

Meskipun fibroid rahim atau miom jarang menyebabkan komplikasi yang berat, pada kondisi lain fibroid rahim dapat menyebabkan komplikasi berupa:

  • Anemia defisiensi besi.
  • Gangguan yang terjadi pada kehamilan. Fibroid dapat mengganggu perkembangan bayi dan mempersulit proses persalinan. Kelahiran prematur juga bisa terjadi. Meski jarang terjadi, fibroid bisa menyebabkan keguguran.
  • Kemandulan. Jika fibroid yang tumbuh sangat besar, bisa berpotensi menghalangi sel telur yang telah dibuahi untuk menempel pada dinding rahim atau menghalang sel sperma sehingga tidak bisa mencapai sel telur. Namun kondisi ini jarang sekali  terjadi.

⇒ Rekomendasi Pengobatan Fibroid Rahim dengan Obat herbal cordyceps dan ovary nutrition capsule Dari 100% Bahan Alami Yang Berkhasiat, Informasi lengkap Klik di sini!

Atau hubungi agen resminya langsung di 085219946055 atau pin bb D71E25FD , dengan mencantumkan kode COV-UL untuk mempermudah pemesanan!

Demikian informasi mengenai gejala, penyebab dan komplikasi fibroid rahim yang perlu diketahui oleh Anda. Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke halaman sederhana kami, semoga bermanfaat.

Kenali Gejala, Penyebab dan Komplikasi Fibroid Rahim Pada Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *